Powered by Blogger.

Arsip Blog

Khasiat ikan lele untuk kesehatan kita

Jangan pernah menganggap remeh si ikan lele, selain kaya gizi, lele juga membantu pertumbuhan janin dalam rahim dan lele juga baik untuk jantung, karena lele mengandung sedikit lemak.

Lele (Clarias spp) merupakan ikan air tawar yang dapat hidup di tempat-tempat tertentu, seperti rawa, sungai, sawah, kolam ikan yang subur, kolam ikan tempat keruh dan berlumpur yang kurang oksigen. Termasuk dalam keluarga lele Claridae dan sering juga disebut ikan lumpur atau ikan kucing.

Khasiat ikan lele untuk kesehatan kita

Ikan merupakan bahan makanan penting sebagai sumber nutrisi. Ikan air tawar dan ikan air payau memiliki protein tinggi, yaitu rata-rata 20 persen. Protein ikan adalah protein yang istimewa karena tidak hanya berfungsi sebagai penambah jumlah protein yang dikonsumsi, tetapi juga sebagai pelengkap mutu protein.

Tampak dari komposisi nutrisi, lele juga kaya akan fosfor. Nilai fosfor pada ikan lele lebih tinggi dari pada nilai fosfor pada telur yang hanya 100 mg. Peran mineral fosfor menempati urutan kedua terpenting setelah kalsium.

Dalam tubuh, fosfor yang berbentuk kristal-kalsium fosfat, 80 persen berada dalam tulang dan gigi. Fungsi utama sebagai pemberi energi dan kekuatan untuk metabolisme lemak dan pati, sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi, untuk sintesis DNA dan penyerapan kalsium.

Kebutuhan fosfor untuk wanita hamil akan lebih banyak dari pada saat tidak hamil, karena ibu hamil butuh fosfor lebih banyak untuk tulang janinnya. Jika asupan fosfor kurang, janin akan mengambilnya dari tulang ibu. Ini salah satu penyebab penyakit tulang rapuh pada ibu.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Info unik dengan judul Khasiat ikan lele untuk kesehatan kita. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/10/khasiat-ikan-lele-untuk-kesehatan-kita.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Khasiat ikan lele untuk kesehatan kita"

Post a Comment