Powered by Blogger.

Arsip Blog

7 cara untuk membuat bayi kita jadi jenius

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh sehat dan cerdas. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah lingkungan atau pola asuh orang tua.

Sering muncul pertanyaan, apakah mungkin untuk mengasah kecerdasan anak sejak dini sehinga nantinya ia bisa tumbuh menjadi seorang jenius? Kabar baiknya adalah, Ya. Semua yang dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan otak bayi terletak pada orang tuanya.

7 cara untuk membuat bayi kita jadi jenius

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita jadikan pertimbangan untuk mengasah kecerdasan otak bayi, khususnya dalam dua tahun pertama hidupnya.

1. Mulai awal
Mulai dari awal bahkan sebelum ia dilahirkan. Kita melakukan ini untuk memastikan ibu hamil memiliki kesehatan yang baik dan nutrisi yang cukup. Hindari zat berbahaya seperti alkohol, obat-obatan, rokok, dan merkuri yang berbahaya bagi perkembangan otak bayi. Memenuhi kebutuhan gizi khusus untuk perkembangan otak bayi, seperti asam folat dan minyak ikan. Banyak obat yang tidak dianjurkan selama kehamilan. Jadi berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambil obat tertentu adalah langkah terbaik yang bisa kita lakukan.

2. Menyusui
ASI mengandung nutrisi yang tak terhitung jumlahnya, penting untuk pertumbuhan bayi. Salah satu elemen yang paling penting adalah asam docosahexaenoic (DHA), yang merupakan asam lemak esensial yang baik untuk perkembangan otak. Banyak perusahaan makanan pemasaran telah mencoba untuk meniru bahan ini di laboratorium dan menambahkannya ke makanan bayi. Tapi tidak ada yang bisa menyamai "DHA alami" seperti yang ditemukan dalam ASI.

3. Baca cerita
Meskipun bayi belum bisa memahami cerita yang kita baca, tetapi membaca akan terus membantu bayi kita untuk latihan mendengar, mengenali kata-kata dan artinya. Proses ini penting dalam membantu membangun kosakata untuk berbicara.

4. Berikan mainan cerdas
Mainan memainkan peran penting dalam perkembangan otak bayi kita. Kuncinya adalah, memilih mainan yang tepat dan kegiatan harus sesuai dengan tahap 'perkembangan biologis anak'. Pilih mainan sederhana yang tidak membuat bayi frustasi. Beli mainan jenis 'buka-tutup' untuk mempertajam imajinasi bayi dan membantu membangun koordinasi antara mata dan tangan.

5. Putar tanda-tanda
Dorong bayi kita untuk mempelajari tanda-tanda saat usia 4 (empat) bulan. Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan bahasa isyarat mengarah ke peningkatan dalam bahasa lisan dan IQ yang lebih tinggi.

6. Merekomendasikan bahasa asing
Pada usia yang tepat, memperkenalkan anak kita untuk mendengar suara dan kosakata dari bahasa asing adalah langkah terbaik yang bisa kita lakukan. DVD bermain bahasa asing, bisa meningkatkan kosakata anak kita.

7. Kontak fisik
Untuk membelai dan menyentuh bayi kita sangat penting bagi pertumbuhan emosi. Membelai rambutnya, kaki dan tubuh juga membantu membuat koneksi neurologis yang penting untuk perkembangan otak. Ini juga akan membantu memperkuat ikatan kita dengan bayi.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul 7 cara untuk membuat bayi kita jadi jenius. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/10/7-cara-untuk-membuat-bayi-kita-jadi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "7 cara untuk membuat bayi kita jadi jenius"

Post a Comment