Powered by Blogger.

Arsip Blog

Beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam membuat jus buah

Minum jus membantu kita untuk mendapatkan manfaat dari buah-buahan dengan mudah, kita bisa mendapatkan khasiat dari setiap buah tanpa memakannya satu per satu. Tubuh juga mudah untuk menyerap nutrisi dalam buah. jadi, jus menjadi minum yang sehat dan mudah untuk dibuat.

Pembuatan jus yang salah, waktu yang salah atau pandangan salah dalam membuat jus mengakibatkan nilai kegunaan dari jus itu sendiri akan berkurang.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam membuat jus buah:

Jus asam kurang baik dikonsumsi di pagi hari
Suka minum jus di pagi hari? Memang, pagi hari adalah waktu terbaik untuk minum jus buah karena mengandung banyak air dan serat yang akan bermanfaat untuk pencernaan. Agar tidak mengganggu perut, hindari buah asam untuk jus di pagi hari. Pisang, pepaya, apel atau wortel bisa menjadi pilihan yang tepat untuk jus buah di pagi hari.

Beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam membuat jus buah

Jus bukan merupakan pengganti untuk makanan
Ketika melakukan diet, tidak apa-apa untuk mengganti makan malam kita dengan segelas jus. Tapi, bukan berarti sarapan dan makan siang juga hanya minum jus dengan maksud untuk menurunkan berat badan. Kebutuhan nutrisi masih harus dipenuhi dari makanan lain. Buah tidak akan mampu memenuhi kebutuhan 1800 kkal, jumlah minimum kalori yang harus dipenuhi dalam sehari. Akibatnya, kekebalan tubuh pun akan sedikit terganggu.

Meskipun penurunan berat badan mungkin akan menurun drastis, tapi dalam waktu singkat tubuh kita akan kembali seperti semula, karena jus tidak mengurangi lemak, hanya mengurangi air dalam tubuh.

Jus bukan pengganti untuk buah
Terus-menerus mengkonsumsi jus, tanpa secara langsung mengkonsumsi buah juga tidak baik. Hal ini dapat meningkatkan berat badan. Kebutuhan untuk tetap mengkonsumsi buah segar sangat bermanfaat bagi perut, karena selama proses mengunyah, perut akan bekerja dan membakar sekitar 20 kkal.

Minum jus dengan pulp
Jika kita membuat jus menggunakan juicer, limbah akan dipisahkan. Meskipun mungkin merasa tidak nyaman, jangan buang pulp buah yang telah dipisahkan. Jika menggunakan blender, biarkan ampasnya tetap dicampur dan diminum. Dalam serat pulp buah ada banyak vitamin yang terkandung, yang paling umum adalah vitamin C. Hal ini sangat bermanfaat bagi tubuh.

Jus jangan disimpan untuk waktu yang lama
Juis yang telah dibuat harus segera kita minum. Membuat jus di pagi hari untuk di minum di sore atau malam hari dapat mengurangi manfaat jus. Vitamin yang ada bisa rusak oleh oksigen dan ultraviolet yang ada di sekitar kita. Jika kita tidak dapat langsung mengkonsumsi jus, itu bisa dilakukan dengan memasukan jus kedalam lemari es, bisa juga disimpan di termos aluminium dan disegel. Kondisi dingin dan perlindungan dari cahaya bisa untuk membantu menjaga vitamin yang ada di jus selama 4 jam.

Jus belum tentu rendah kalori
Tidak berarti semua buah yang rendah kalori akan membantu diet kita. Buah-buahan seperti alpukat, nangka dan buah durian yang tinggi kalori, yaitu sekitar 200 kkal. Jika kita ingin jus dengan rendah kalori, bisa memilih jeruk, apel, melon, semangka atau kandungan kalori pir dari sekitar 80 kkal. Jika kelebihan berat badan, kita harus memilih jus buah yang rendah kalori.

Mencampur sayur dan buah untuk dijadikan jus.
Rasa pahit dalam sayuran dapat diatasi dengan menggabungkan sayuran dengan buah, sehingga jus akan terasa lebih segar.

Tidak hanya sayuran, jus bisa menjadi kombinasi dari buah dan rempah-rempah. Misalnya, dengan menambahkan jahe untuk menghangatkan tubuh juga meningkatkan daya tahan tubuh. Juga dapat menambahkan sedikit kayu manis pada jus yang akan kita buat.

Gunakan buah-buahan segar
Untuk mendapatkan manfaat jus yang maksimal, gunakan buah-buahan atau sayuran yang masih dalam kondisi segar. Jangan membuat jus dari sayur atau buah yang sudah kelihatan layu karena kandungan vitamin akan berkurang.

Membuat jus dari beraneka ragam buah
Misalnya, karena sangat suka jeruk, setiap hari mereka hanya minum jus jeruk. Gantilah dengan buah-buahan lain yang mengandung vitamin dan mineral yang berbeda bagi tubuh untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Menggabungkan berbagai buah dalam satu gelas jus adalah cara praktis bagi tubuh untuk mendapatkan beberapa manfaat dalam satu tegukan. Campuran jeruk dan apel, pisang dan apel, wortel dan tomat, atau apel dan anggur adalah kombinasi yang dapat dicoba untuk memberikan beberapa manfaat yang luar biasa.

Jus dengan tambahan gula, madu atau susu
Untuk menambah kenikmatan jus, biasanya ditambahkan gula, madu atau susu. Ada beberapa aturan jika kita ingin menambahkan jus dengan beberapa penambah rasa. Kita perlu mempertimbangkan jumlah gula atau madu yang akan digunakan atau pilihan susu yang nantinya akan kita campurkan kedalam jus.

Jika kita ingin menambahkan gula, hal pertama yang harus kita ingat adalah berapa banyak gula yang sudah kita konsumsi / makan hari ini. Idealnya, tubuh kita mungkin hanya menerima 50 gram gula per hari. Satu sendok teh gula, beratnya sekitar 4 gram. Jika kita sudah menikmati es krim, kue, kue atau teh manis, maka kita harus menyesuaikan gula yang akan ditambahkan ke jus untuk menghindari konsumsi gula berlebih.

Madu adalah pemanis alami yang mengandung karbohidrat, protein, asam amino, vitamin dan mineral. Namun kandungan kalori madu lebih besar dari gula. Satu sendok makan madu memiliki 64 kkal kalori. Jadi, jika kita ingin menambahkan madu, sebaiknya hanya dalam porsi kecil, terutama karena rasa madu yang lebih manis dari gula.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam membuat jus buah. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/10/beberapa-hal-yang-harus-kita-perhatikan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam membuat jus buah"

Post a Comment