Powered by Blogger.

Arsip Blog

Gizi yang cukup, menjamin kesehatan bayi kita

Angka kematian bayi di Indonesia adalah 34 bayi per 1000 kelahiran. Meski telah menurun sejak tahun 1990, jumlah tersebut masih relatif tinggi dan jauh dari pencapaian tujuan pembangunan milenium pada tahun 2015. Apa saja penyebab utama kematian anak di Indonesia?

Akut pneumonia
Pada tahun 2003, di seluruh dunia terdapat 10,8 juta anak meninggal akibat penyakit pernapasan. Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) adalah penyebab kematian 37 persen bayi baru lahir di Indonesia.

Gizi yang cukup, menjamin kesehatan bayi kita

Diare
Unicef ​​dan WHO memperkirakan bahwa 2,5 miliar kasus diare terjadi pada anak balita setiap tahun. Di Indonesia, penyebab utama kematian bayi diare 1-12 bulan (42 persen) dan anak-anak hingga usia 4 tahun (25 persen). Bayi yang tidak mendapatkan ASI enam kali lebih mungkin untuk kehilangan nyawa akibat diare di dua bulan pertama usia.

Kesehatan dan kondisi gizi, serta sanitasi yang memadai memegang peranan penting untuk mencegah diare. Imunisasi perlu dilakukan pada anak-anak dalam rangka memerangi penyakit cacar, rotavirus (penyebab flu usus), serta infeksi usus lain yang dapat menimbulkan diare akut.

Komplikasi bayi baru lahir
Empat juta bayi mengalami komplikasi saat lahir dan ironisnya mereka kemudian kehilangan nyawa dalam empat minggu pertama. Di Indonesia, 37 persen anak balita mengalami komplikasi pada saat lahir.

Tidak dapat disangkal, tenaga, dan fasilitas kesehatan yang memadai ditunjang dengan kebersihan lingkungan sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil sehingga mereka dapat menurunkan risiko berbahaya bagi dirinya dan bayinya.

Penyebab lain
Penyebab lainnya adalah penyakit yang sebenarnya dapat dicegah melalui vaksinasi seperti campak dan TBC. Sementara itu, 50-60 persen kematian bayi dan angka kematian anak terkait dengan kekurangan gizi.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Info unik dengan judul Gizi yang cukup, menjamin kesehatan bayi kita. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/10/gizi-yang-cukup-menjamin-kesehatan-bayi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Gizi yang cukup, menjamin kesehatan bayi kita"

Post a Comment