Powered by Blogger.

Arsip Blog

Zat misterius dalam buah mengkudu yang sangat bermanfaat untuk kesehatan

Pohon dengan tinggi 3-8 meter dengan batang utama yang keras. Rata-rata bermata daun, hijau kekuningan. Bunganya berbentuk daun umbi diketiak. Buah-berbenjol dengan benjolan teratur. Yaa... itulah buah mengkudu.

Beberapa zat penting yang terkandung dalam buah mengkudu:
Scopoletin, senyawa ini berfungsi mengatur tekanan darah. Ketika tekanan darah tinggi, scopoletin membantu menurunkannya. Sebaliknya bila tekanan darah rendah, dia akan membantu menaikkannya. Selain ditunjukkan sebagai antibakteri, senyawa ini juga mengatur hormon serotonin, yang membantu menurunkan kadar kecemasan dan depresi.

Zat misterius dalam buah mengkudu yang sangat bermanfaat untuk kesehatan

Morindin, zat ini berkhasiat dalam meningkatkan system pertahanan tubuh. Selain dua zat di atas, mengkudu juga mengandung gum, asam malat, asam sitrat, dan senyawa antiseptik.

Berdasarkan hasil penelitian, ada sekitar 61 lebih senyawa potensial yang terkandung dalam buah mengkudu. Mereka bekerja secara sinergis dan misterius. Misalnya, beberapa senyawa yang berperan aktif dalam pengobatan penyakit tertentu, bukan berarti hanya senyawa satu itu saja yang berkontribusi untuk itu. Tapi juga dibantu dengan senyawa lainnya.

Katakanlah dalam mengobati tekanan darah. Jus mengkudu bisa meningkatkan tekanan darah bagi penderita darah rendah tapi di sisi lain buah mengkudu juga dapat menurunkan tekanan darah untuk hipertensi. Fenomena ini tidak akan terjadi jika kita mengkonsumsi ekstrak buah mengkudu.

Menurut penelitian dr. Mona Harrison dari fakultas Kedokteran Universitas Bolton, konsumsi jus buah mengkudu akan membantu memberikan xeronine hormon megkudu. Xeronine dari mengkudu bekerja bertentangan. Pada orang dengan tekanan darah tinggi, menurunkan tekanan darah xeronin menjadi normal. Pada orang dengan tekanan darah rendah, meningkatkan tekanan darah darah mengkudu. Dengan kata lain, jus buah mengkudu berfungsi sebagai adaptogen, menyeimbangkan fungsi sel-sel tubuh.

Efek kontradiktif buah mengkudu juga telah diteliti oleh Y. Murati (1981) dari Fakultas Kedokteran UGM. Lemon bubur mengkudu memberikan perubahan yang sangat signifikan dalam jantung, yaitu menurunkan kekuatan kontraksi otot jantung, denyut jantung melambat dan meningkatkan jumlah aliran darah koroner jantung per menit.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Zat misterius dalam buah mengkudu yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/11/zat-misterius-dalam-buah-mengkudu-yang.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Zat misterius dalam buah mengkudu yang sangat bermanfaat untuk kesehatan"

Post a Comment