Powered by Blogger.

Arsip Blog

Berikan ASI yang cukup untuk bayi kita

Berbicara tentang makanan bayi, hal penting untuk dipertimbangkan adalah apakah makanan tersebut sudah cocok untuk bayi atau tidak, dan mana yang terbaik. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ASI dinyatakan sudah cukup sebagai makanan tunggal untuk pertumbuhan normal dari bayi sampai usia enam bulan. Metode ini dapat melindungi bayi dari risiko infeksi saluran pencernaan.

Berikan ASI yang cukup untuk bayi kita

Kini, setelah enam bulan, pemberian ASI saja hanya sekitar 60-70% untuk memenuhi kebutuhan bayi. Pada usia ini, bayi mulai membutuhkan pemberian makanan tambahan makanan, yang biasa disebut MPASI. Perlu diketahui, usia enam sampai tujuh bulan adalah waktu yang kritis untuk memperkenalkan makanan padat yang memerlukan keterampilan mengunyah.

Jangan biarkan periode ini telah berlalu begitu saja, karena dikhawatirkan bayi akan mengalami kesulitan untuk menelan makanan dan bahkan lebih buruk menolak untuk makan ketika diberi makanan padat. Sedangkan pada bayi usia 9-12 bulan, keterampilan mengunyah nya sudah lebih matang.

Beberapa saran dalam memberikan makanan padat pertama pada bayi:
  1. Gunakan makanan bayi berkualitas tinggi, memastikan nutrisi berkualitas baik.
  2. Sebagai permulaan, memberikan makanan bayi bubuk dan cair, misalnya, bubur susu atau bubur buah (pisang, pepaya). Secara bertahap, makanan bayi dapat diberikan lebih kasar dan padat.
  3. Bayi yang memiliki enam bulan dapat diberikan nasi tim dengan gizi yang lengkap.
  4. Harus diperkenalkan satu per satu jenis makanan untuk bayi, sampai ia tahu bahwa makanan itu baik untuknya. Selain itu, bayi akan mengenal dan dapat menerima jenis baru dari makanan bayi, kita juga dapat melihat apakah ada reaksi alergi pada bayi.
  5. Pada awalnya, bayi akan menerima 1-2 sendok teh makanan bayi. Jika ia telah semakin besar, kita dapat memberikan porsi lebih.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Berikan ASI yang cukup untuk bayi kita. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/11/berikan-asi-yang-cukup-untuk-bayi-kita.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Berikan ASI yang cukup untuk bayi kita"

Post a Comment