Powered by Blogger.

Arsip Blog

Khasiat buah kurma untuk kesehatan

Kurang lengkap rasanya jika pada saat bulan puasa tidak makan kurma. Jika buah biasanya mengandung rendah energi dan kalori, tidak demikian halnya dengan kurma ini. Dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, kurma juga mengandung sumber energi yang tinggi juga. Bahkan tertinggi di antara semua buah-buahan lainnya. Itulah sebabnya kurma cocok untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

Kurma dapat dimakan langsung pada saat kering ataupun segar. Kurma juga dapat digunakan untuk berbagai macam hidangan seperti produk roti, permen, es krim, dan sirup. Di negara-negara Timur Tengah, kurma biasanya digunakan dalam konsumsi produk susu secara bersama-sama.

Khasiat buah kurma untuk kesehatan

Berikut ini adalah beberapa kandungan dari buah kurma berguna untuk kesehatan:

1. Mengandung potasium tinggi (100 g kurma kering: 666 mg kalium) sehingga berkhasiat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Kalium adalah mineral yang penting untuk memperlancar pembuluh darah, membuat denyut jantung menjadi tidak teratur, mengaktifkan kontraksi otot, serta menstabilkan tekanan darah.

2. Mengandung salisilat yang tinggi (kurma kering), yaitu zat yang digunakan sebagai bahan baku aspirin (obat penurunan / penghilang rasa sakit dan demam). Salisilat bersifat mencegah pembekuan darah, anti-inflamasi, dan penghilang rasa sakit. Reguler aspirin dosis rendah (kurang atau separuh dosis yang biasa diminum per hari) dapat membantu mencegah sakit kepala, hingga serangan jantung dan stroke. Menurut Nurfi AFRIANSYAH, Peneliti Staf, Pusat Penelitian Nutrisi Nutrisi IEC Bogor, salisilat juga bisa mempengaruhi prostaglandin, yaitu kelompok asam lemak yang merangsang kontraksi otot polos hidroksida dan menurunkan tekanan darah.

3. Mengandung karbohidrat atau gula yang tinggi. Dengan kandungan berkisar antara 60% kurma lembut (yang dipanen saat masih lunak dan mentah) menjadi sekitar 70% pada kurma kering (yang mengering di pohon secara alami dengan bantuan matahari). 100 gr kelapa mampu memasok 230 kcal (960 kJ) energi. Menurut dr. Anwar El multi dari Mesir, kurma mengandung gula 70% dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Kebanyakan varietas kurma mengandung gula glukosa (jenis gula dalam darah) atau fruktosa (jenis gula dalam buah-buahan), zat ini mudah dicerna dan dibakar oleh tubuh untuk menghasilkan tenaga tinggi, mencerna dan menjadikannya sebagai gizi yang baik.

4. Mengandung berbagai vitamin dan nutrisi penting. Dalam setiap 100 gram kurma kering mengandung 50 IU vitamin A, 0,4 mg vitamin C, 0,09 mg Thiamin: 0,10 mg Riboflavin, Niacin 2,20 mg, asam nikotinat dan besi. Nutrisi yang membantu melepaskan energi, menjaga kulit dan saraf agar tetap sehat, serta penting untuk fungsi jantung.

5. Mengandung mineral penting, seperti magnesium, kalium dan kalsium. Kurma juga mengandung semacam hormon potuchsin dapat mengecilkan pembuluh darah dalam rahim, sehingga bisa mencegah terjadinya pendarahan rahim.

6. Kadar lemak rendah, hanya 0,4 gram lemak per 100 gram kurma.

Dengan hanya makan satu porsi ekstra makanan kaya kalium minimal 400 mg / hari maka resiko fatal terserang stroke bisa diturunkan sampai 40%. Batas minimal 400 mg / hari mudah dipenuhi dengan hanya makan kurma kering minimal sekitar 65 gram, atau setara dengan lima butir kurma. Wow....
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Khasiat buah kurma untuk kesehatan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/11/khasiat-buah-kurma-untuk-kesehatan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Khasiat buah kurma untuk kesehatan"

Post a Comment