Powered by Blogger.

Arsip Blog

Cabe dan kesehatan... hemmm apa hubungannya??

Siapa yang tidak pernah menikmati sambal cabai? Rasanya hampir semua dari kita pernah menikmati makan dengan sambal ini. Beberapa diantara kita mungkin membenci cabai karena bisa menyebabkan rasa pedas, panas dan iritasi mata, tetapi kita tidak dapat menyangkal bahwa cabe juga bisa mengatasi sejumlah penyakit.

Cabe dan kesehatan... hemmm apa hubungannya??

Menurut dr. Prapti Utami, seorang konsultan herbal, banyak orang tidak tahu manfaat cabai. Sebenarnya, cabai adalah makanan yang kaya gizi.
Cabe rawit mengandung vitamin C dan beta-karoten (provitamin A), lebih dari buah-buahan seperti mangga, nanas, pepaya dan semangka. Bahkan kadar mineral, terutama kalsium dan fosfor, baik dari ikan segar. Dan cabai hijau paprika mengandung vitamin C lebih tinggi.

Zat yang membuat cabai istimewa adalah capsaicin stomakik yang dapat meningkatkan nafsu makan. Belum lagi kemampuan untuk merangsang produksi hormon endorphin yang mampu membangkitkan sensasi kenikmatan saat makan.

Fungsi lain dari capsaicin adalah ritel, sehingga melonggarkan penyumbatan lendir di tenggorokan dan hidung, termasuk sinusitis. Capsaicin juga merupakan antikoagulan dengan cara menjaga darah agar tetap kerak tipis dan mencegah pembentukan lemak dalam pembuluh darah. Itu berarti juga meminimalkan kemungkinan menderita penyakit jantung koroner Stroke dan impotensi.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Cabe dan kesehatan... hemmm apa hubungannya??. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/11/cabe-dan-kesehatan-hemmm-apa-hubungannya.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Cabe dan kesehatan... hemmm apa hubungannya??"

Post a Comment