Powered by Blogger.

Arsip Blog

Buah sukun, buah kebanggaan kota Cilacap

Sukun merupakan tanaman pangan alternatif di Indonesia sejak tahun 1920, yang pada awalnya hanya ditanam oleh beberapa orang saja, tetapi sekarang sukun menjadi cukup populer karena dapat membuat berbagai makanan yang beragam yang terbuat dari sukun misalnya: goreng sukun, sukun getuk, kolak sukun, cake sukun, mie sukun, sukun klepon, dodol sukun, bola sukun, sukun dan bahan baku pembuat apem lengkap Pek empek (makanan khas Palembang) dan lain-lain.

Buah sukun, buah kebanggaan kota Cilacap

Barulah pada tahun 1983 oleh "Departemen Pertanian Kabupaten Cilacap" mulai dipopulerkan tanaman sukun, dan sukun botak mulai dikenal sebagai primadona nasional merupakan tanaman utama yang dikembangkan ke daerah lain. Pada sukun yang botak akhirnya berhasil mengangkat nama Cilacap, sehingga tak heran jika pemerintah daerah membuat sukun botak sebagai maskot kota Cilacap.

Pada usia 4 tahun setelah tanam, biasanya pohon sukun telah menghasilkan buah. Buah produksi pertama kali biasanya tergolong masih kecil dan banyak buah yang jatuh ketika dia masih muda. Tapi itu dapat meningkatkan produksi buah sejalan dengan pertumbuhan umur tanaman.

Ciri-ciri sukun yang siap panen adalah sebagai berikut:
  • Kulit buah yang semula kasar menjadi halus, terutama untuk jenis sukun gundul.
  • Warna kulit, buah berwarna hijau terang pada awalnya kini berubah menjadi hijau kekuningan.
  • Buah sukun tua tampak padat tetapi cenderung agak empuk saat ditekan, saat buah masih muda cenderung masih sulit.
Panen sukun umumnya terjadi dua kali setahun. Dalam situasi iklim yang tidak menentu, terutama selama musim kemarau dan musim hujan sukun masih mudah ditemukan di pasar sepanjang tahun. Sukun dipanen dengan memetik atau penjolokan.

Sebagai pangan alternatif, sukun yang sering digunakan untuk konsumsi sangat beragam, mulai dari yang sederhana, seperti direbus atau digoreng sampai dibuat menjadi berbagai kue ringan.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Info unik dengan judul Buah sukun, buah kebanggaan kota Cilacap. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/11/buah-sukun-buah-kebanggaan-kota-cilacap.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Buah sukun, buah kebanggaan kota Cilacap"

Post a Comment