Powered by Blogger.

Arsip Blog

WARNING : selektif makanan dan minuman bagi OAB

Memang benar kita harus terhidrasi untuk membuat tubuh sehat. Tapi, pada orang-orang tertentu, seperti orang dengan kandung kemih terlalu aktif, minum terlalu banyak akan membuat mereka sibuk. Sibuk, bolak-balik ke kamar mandi maksudnya hehehehe...

Kandung kemih terlalu aktif (OAB) adalah kondisi dimana otot detrusor lapisan kandung kemih menjadi sangat aktif. Sampai saat ini belum ditemukan penyebab pastinya, tetapi salah satunya adalah gangguan saraf yang muncul akibat pengaruh usia. Disamping itu, makanan dan minuman yang kita konsumsi dapat membuat otot detrusor aktif bekerja.

WARNING : selektif makanan dan minuman bagi OAB

Minuman
1. Alkohol: Apa pun bentuknya, mulai dari bir, anggur, atau minuman keras akan membuat kita banyak memproduksi urin meskipun fakta bahwa minum alkohol juga akan membuat kita dehidrasi. Minuman beralkohol bekerja untuk mengintervensi saraf otak kerja otot detrusor. Akibatnya otot detrusor akan bekerja lebih aktif ketika kita mengonsumsi alkohol. Dengan demikian, dapat dibayangkan apa yang terjadi pada orang dengan OAB jika gemar minum alkohol.

2. Kopi, teh, cola, dan minuman energi: Minuman ini mengandung kafein. Dalam tubuh, kafein adalah diuretik yang dikenal sebagai stimulasi produksi cairan atau tubuh. Para pengidap OAB diminta untuk membatasi konsumsi kafein untuk otot detrusor tidak menjadi sensitif.

3.Minuman asam: jus jeruk, lemon, atau buah yang mengandung rasa asam akan mengiritasi kandung kemih. Iritasi tersebut yang kemudian akan membuat kita mudah untuk buang air kecil.

4. Minuman berkarbonasi: Minum ceria ini akan membuat kita sensitif dan mengiritasi kandung kemih. Jadi bagi penderita OAB, minuman berkarbonasi bukan hanya harus dikurangi, tapi harus dihindari. Bahkan kita yang tanpa OAB tetapi sangat sering minum minuman berkarbonat seperti soda atau minuman ringan (soft drink), akan memicu munculnya sensitivitas pada otot detrusor.

Makanan
1. Cokelat: Makanan manis ini mengandung kafein, maka kita harus memperlakukannya sama dengan minuman kafein lainnya. Dan sayangnya tidak ada cokelat tanpa kafein alias kopi tanpa kafein, maka apa yang dapat dilakukan pecinta cokelat yang kebetulan OAB???

2. Nanas: Buah asam ini memiliki sifat yang sama dengan jus jeruk. Kandungan asam sitrat di dalam nanas yang dapat mengiritasi kandung kemih.

3. Tomat: Sayuran bulat berwarna merah ini juga memiliki sifat asam di dalamnya yang dapat mengiritasi kandung kemih. Bahkan saus tomat yang biasa kita tambahkan pada spaghetti akan membuat saraf mengendalikan sensor memicu produksi urin kita dan membuat kita mondar-mandir kamar mandi.

4. Acar, daging, dan ikan kaleng: Coba perhatikan apakah setiap kali kita makan-makanan kaleng, hasrat untuk buang air kecil semakin tinggi? Jika demikian, itu berarti kita harus menghindari makanan ini. Kandungan nitrat dan asam di dalamnya dapat memicu iritasi kandung kemih, diikuti dengan tingginya sensitivitas otot detrusor.

5. MSG Makanan: Zat ditambahkan ke makanan seperti pewarna MSG atau makanan akan membuat kita lebih mudah terkena iritasi kandung kemih. Itulah mengapa kita perlu membaca label makanan dengan hati-hati. Atau untuk lebih aman, kita dihimbau untuk memasak makanan kita sendiri sehingga kandung kemih tetap terlindungi.

Idealnya, satu orang mengonsumsi 8 gelas air setiap hari. Jumlah ini masih harus dilengkapi dengan 20 persen air dari makanan. Jadi tidak ada alasan untuk mengurangi cairan yang masuk ke dalam tubuh, baik melalui minuman atau makanan, hanya saja kita perlu memilih yang aman bagi otot detrusor kita.OK.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Info unik dengan judul WARNING : selektif makanan dan minuman bagi OAB. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/11/warning-selektif-makanan-dan-minuman.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "WARNING : selektif makanan dan minuman bagi OAB"

Post a Comment