Powered by Blogger.

Arsip Blog

10 Makanan yang penting untuk otak kita

Penelitian menunjukkan, kurangnya mineral dan vitamin yang penting untuk otak bisa menurunkan kesiagaan mental otak menjadi berkurang. Pola makan kaya buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, ditambah dengan daging dan ikan akan menyediakan mineral dan vitamin utama yang diperlukan bagi kesehatan fisik dan mental.

Kira-kira apakah makanan yang dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak, meningkatkan fungsi, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi dan berpikir anak-anak? Berikut adalah 10 makanan yang direkomendasikan oleh Dr Saridian Satrix W, SpGK:

10 Makanan yang penting untuk otak kita

1. Ikan salmon
Salmon merupakan sumber terbaik omega 3-asam lemak DHA dan EPA, yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Penelitian baru juga menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan.per 100 gr Ikan salmon mengandung Omega-3 sebanyak 2,2 gram. Kebutuhan anak-anak akan omega 3 per hari adalah 1,2 gram.

2. Telur
Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang relatif murah dan harganya cukup terjangkau. Kuning telur adalah bagian yang solid akan berisi kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau memori. Kandungan kolin dalam 1 telur besar adalah 126 mg. Bandingkan dengan 2 sendok makan selai kacang yang hanya mengandung 20 mg dan 300 gram daging sapi degan isi dari 66 mg kolin. Kebutuhan anak-anak akan kolin 200-375 mg per hari.

3. Selai kacang
Kacang tanah (peanut) yang banyak diolah menjadi selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E. Vitamin ini merupakan sumber antioksidan yang dapat melindungi membran sel saraf. Bersama dengan vitamin lain, vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi. Setiap 2 sendok makan selai kacang mengandung 2,9 mg vitamin E, sedangkan kebutuhan anak-anak antara 4-10 mg per hari.

4. Kacang-kacangan
Kacang adalah makanan spesial sebab makanan ini memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya serat, vitamin, dan mineral. Kacang juga makanan yang baik untuk otak karena mereka dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anak-anak pada puncaknya di sore hari jika dikonsumsi saat maakn siang. Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak omega-3 asam lemak dari kacang lainnya.

5. Biji-bijian
Otak membutuhkan suplai atau sediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung dalam gandum utuh dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem saraf. Gandum mengandung vitamin B, 1,5 mg per 100 gram. Sedangkan kebutuhan vitamin B pada anak-anak adalah 1 mg per hari.

6. Havermut
Oatmeal adalah salah satu jenis sereal paling populer di kalangan anak-anak dan kaya akan nutrisi penting bagi otak. Oatmeal dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak. Oatmeal juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potasium, d seng yang membuat tubuh dan otak berfungsi pada kapasitas penuh. Kandungan vitamin E pada 250 gram oatmeal adalah 0,08 mg. Kandungan vitamin B 0,26 mg per 250 gram oatmeal dan seng 6,19 mg per 250 gram oatmeal.

7. Berri
Keluarga kelompok berry (stroberi, ceri, blueberry), jika semakin kuat warnanya maka lebih banyak nutrisi yang dikandungnya. Berikan mengandung tingkat tinggi antioksidan, khususnya vitamin C, yang berguna untuk mencegah kanker.

8. Sayuran berwarna
Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, dan bayam adalah sayuran yang kaya akan sumber nutrisi dan antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat.

9. Susu dan yoghurt
Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein tinggi dan vitamin B. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak.

10. Daging sapi
Besi merupakan mineral penting yang membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. Daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber makanan yang tinggi zat besi. Kandungan zat besi dalam 100 gram daging sapi adalah 4.05 mg. Sedangkan kebutuhan akan zat besi pada anak-anak adalah 30-10 mg per hari.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul 10 Makanan yang penting untuk otak kita. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/11/10-makanan-yang-penting-untuk-otak-kita.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "10 Makanan yang penting untuk otak kita"

Post a Comment