Powered by Blogger.

Arsip Blog

Beberapa makanan yang bisa meningkatkan kinerja otak

Seiring dengan bertambahnya usia, tubuh dan organ kita juga mengalami proses penuaan. Jadi apa yang bisa kita lakukan untuk mempertajam konsentrasi, meningkatkan daya ingat dan fungsi otak? Hanya dengan menambahkan beberapa ini untuk makan dalam menu harian kita, maka otak sehat sampai tua akan kita nikmati.

1. Kopi akan membuat kita lebih fokus.
Jangan berharap dengan keajaiban tongkat sihir yang bisa meningkatkan IQ atau membuat kita lebih pintar. Namun, senyawa tertentu, seperti kafein bisa memberikan energi serta membantu kita tetap fokus dan berkonsentrasi.

Semua manfaat yang dapat ditemukan dalam kopi, cokelat, minuman energi, dan beberapa obat-obatan lain. Meski hanya memberikan efek jangka pendek, kafein merupakan alarm yang cukup efektif.
Ingat: terlalu banyak mengonsumsi kafein akan membuat kita gelisah dan tidak nyaman.

Beberapa makanan yang bisa meningkatkan kinerja otak

2. Gula dapat meningkatkan kewaspadaan.
Gula adalah bahan bakar untuk otak kita. Ini bukan gula, tapi pertanyaannya adalah glukosa, senyawa yang dicerna oleh tubuh dari gula dan karbohidrat yang kita makan. Itulah mengapa segelas minuman manis bisa meningkatkan daya ingat dan proses berpikir jangka pendek. Tapi jangan langsung bergantung pada gula. Karena konsumsi gula berlebihan bisa membuat ingatan terganggu.

3. Sarapan.
Jarang sarapan? Sebuah studi menemukan sarapan bisa meningkatkan memori dan kewaspadaan dengan cepat. Siswa yang sarapan memiliki performa yang lebih baik di sekolah dibanding pelajar yang tidak melakukannya. Menu sarapan yang dianjurkan adalah gandum utuh, produk susu dan buah. Hindari memilih menu sarapan yang tinggi kandungan karbohidrat, karena justru akan membuat konsentrasi kita terganggu.

4. Ikan adalah teman otak.
Sumber protein yang dikaitkan dengan peningkatan kerja otak adalah ikan. Kandungan omega-3 asam lemak dalam ikan merupakan zat penting untuk fungsi dan perkembangan otak. Lemak sehat ini dapat mengurangi risiko demensia atau stroke, dan memainkan peran penting dalam meningkatkan memori.

5. Kacang dan cokelat.
Kacang-kacangan adalah sumber antioksidan vitamin E yang dapat mengurangi penurunan kognitif yang sering terjadi saat kita menua. Sedangkan dark chocolate, memiliki antioksidan yang kuat, plus kafein yang bisa membuat otak lebih fokus dan konsentrasi. Dapatkan asupan rendah kalori, lemak dan gula dengan mengonsumsi kacangan-kacangan dan 10 gram dark chocolate setiap hari.

6. Alpukat dan biji-bijian.
Setiap organ dalam tubuh kita tergantung pada peredaran darah, terutama jantung dan otak. Makan biji-bijian dan buah-buahan, seperti alpukat, bisa mengikis risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol jahat.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Beberapa makanan yang bisa meningkatkan kinerja otak. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/11/beberapa-makanan-yang-bisa-meningkatkan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Beberapa makanan yang bisa meningkatkan kinerja otak"

Post a Comment