Powered by Blogger.

Arsip Blog

Pola makan yang baik saat berpuasa

Berpuasa selama 14 jam benar-benar membuat tubuh lemah. Sumber energi dapat disimpan baik dalam tubuh dan menjaga tubuh tetap segar, asalkan kita dapat memilih dan mengatur makan dengan benar. Bagi kita yang tetap menjalankan aktivitas cepat dan tinggi, harus memiliki cadangan energi yang cukup.

Pola makan yang baik saat berpuasa

Ahli Gizi Klinis, dr Samuel Oetoro, SpGK, menjelaskan bahwa selama berpuasa, kadar energi cenderung rendah dalam tubuh karena tidak ada sumber asupan energi, karbohidrat. Agar tubuh tetap segar, menjaga kadar karbohidrat utama dalam darah tetap stabil adalah solusi agar kondisi tubuh tidak menurun drastis. Bagaimana untuk menyesuaikan makan saat berbuka puasa.

Saat sahur, setelah bangun tidur, makanlah makanan lengkap. Perbanyak sayuran dan buah, minum empat gelas air hingga waktu imsak, dan hindari gula-termasuk teh manis.

Saat fajar, makanlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat Makan karbohidrat kompleks membuat penyerapan di saluran cerna. Hindari konsumsi (kolesterol tinggi) termasuk gorengan karena makanan tersebut akan membuat kita cepat haus.

Sumber karbohidrat kompleks bisa didapatkan dari nasi merah, kentang yang dimakan dengan kulitnya, atau roti gandum. Hindari karbohidrat seperti tepung dan gula simpleks. Sedangkan asupan protein bisa dari ikan atau ayam.

Ketika makan, menghindari lemak tinggi dan kolesterol seperti kuning telur, cumi, udang, kepiting, atau jeroan. Oleh karena itu, ketika fajar perbanyak makan sayur dan buah.

Menjelang imsak, tambah lagi asupan sumber energi karbohidrat kompleks, seperti apel atau pir. Buah ini bisa dimakan langsung atau campuran (jus buah minuman dengan pulp) dengan kulit sehingga penyerapan oleh tubuh berlangsung perlahan dan menstabilkan gula darah.

Diet ini akan membantu tubuh kita menjaga sumber energi dan menstabilkan gula darah. Meskipun saat berpuasa, gula darah cenderung turun namun tidak drastis dengan pilihan makanan yang tepat. Pengaruhnya, aktivitas sepanjang hari tidak akan terganggu karena cadangan energi masih membuat tubuh segar untuk berbuka.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips Diet dengan judul Pola makan yang baik saat berpuasa. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/11/pola-makan-yang-baik-saat-berpuasa.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Pola makan yang baik saat berpuasa"

Post a Comment