Powered by Blogger.

Arsip Blog

Sejuta vitamin yang terkandung dalam buah kiwi

Sampai saat ini tidak ada pil ajaib yang bisa menangkal penyakit mematikan serta membuat langsing dalam waktu sekejab. Tapi ada solusi lain, sesuatu yang tidak hanya menciptakan rasa sehat dan melangsingkan, tapi juga baik, yaitu buah kiwi.

Elisa Zied, MS, ahli gizi mengatakan kiwi termasuk dalam salah satu dari 10 makanan super (super food). Kiwi termasuk buah multitasking karena mengandung nutrisi pelawan penyakit, rasa yang baik, mengandung sedikit kalori, plus membuat kulit muda. Benar-benar super!

Sejuta vitamin yang terkandung dalam buah kiwi

Buah kiwi sering diidentikkan dengan Selandia Baru. Bahkan, kulit buah dan tampak seperti bulu coklat sebenarnya berasal dari Cina dan baru ke New Zealand awal 1990-an.

Keberhasilan industri buah kiwi di Selandia Baru tidak dapat dipisahkan dari jasa Isabel Fraser, seorang guru yang membawa pulang biji-biji kiwi setelah mengunjungi kerabat di Cina. Biji Kiwi kemudian diberikan kepada keluarga Allison, yang bergelut di bidang hortikultura. Sejak itu pertanian buah kiwi di Selandia Baru dimulai.

Nama asli buah kiwi adalah The Tao. Selandia Baru berpikir buah memiliki rasa 'gooseberry' dan disebut 'gooseberry Cina'. Buah Baru sekitar tahun 1959 diberi nama "buah kiwi" setelah penetapan burung kiwi sebagai simbol Selandia Baru.

Di pasar dunia saat ini, ada dua jenis buah kiwi, yakni green (hijau) dan emas (gold). hijau kiwi Actinidia deliciosa menggunakan nama botani dan kiwi disebut Actinidia chinensis emas. Sedikit asam rasa kiwi hijau. Sedang kiwi emas terasa manis di lidah.

Kandungan vitamin C dalam kiwi hijau 92,7 mg vitamin C per 100 gram, sedikit di bawah kandungan vitamin C dari kiwi emas mencapai 105,4 mg per 100 gram.

Namun demikian, menurut Fiastuti kandungan vitamin C dalam kiwi hijau dan emas lebih dari jeruk dan pepaya. Sementara vitamin E nya melebihi mangga dan pepaya.

Selain vitamin, kedua jenis buah kiwi ini juga kaya serat yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Tidak hanya itu, serat juga bisa untuk menjaga kadar gula darah dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Salah satu manfaat dari buah kiwi adalah tekstur yang lembut, rasa lezat dan aroma yang khas dan segar. Namun di balik kulit cokelat berbulu, kiwi adalah buah yang paling kaya nutrisi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition menunjukkan bahwa dari 27 jenis buah-buahan yang biasa dikonsumsi, seperti pepaya, mangga, dan alpukat, kiwi ternyata memiliki kepadatan nutrisi tertinggi.

Ukuran hara density (kepadatan nutrisi) biasanya digunakan untuk mengukur nilai gizi oleh ahli gizi dari bahan makanan tertentu dibandingkan dengan bahan makanan lain dalam porsi yang sama. Jika nutrisi kepadatan lebih tinggi, semakin baik kualitas bahan tersebut.

Buah kiwi juga dikenal sebagai kaya viamin C, A dan E. Kandungan vitamin C dalam buah kiwi dua kali lebih banyak dari jeruk. Sementara jumlah vitamin E dalam kiwi dua kali lebih banyak dibandingkan mangga.

Vitamin C dan E kita butuhkan sebagai sumber antioksidan. Menurut ahli gizi dr.Fiastuti Witjaksono, Sp.GK, satu atau dua butir kiwi setiap hari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C per hari. "Wanita berusia 19-30 tahun membutuhkan sekitar 45 mg vitamin C per hari. Sementara itu, pada wanita hamil meningkat menjadi 60 mg / hari selama menyusui dan membutuhkan 85 mg / hari," jelasnya.

Menurut Prof.Made Astawan, dalam Konten Nutrient buku Foods Berbagai, selain vitamin C dan E, antioksidan lain yang ditemukan dalam buah-buahan seperti kiwi-karoten, lutein, xantofil, flavonoid, dan sebagainya.

Makanlah makanan yang mengandung antioksidan dipercaya dapat mencegah penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kanker dan penuaan dini. Satu teori mengapa seseorang bisa menjadi tua adalah akibat radikal bebas. Proses oksidasi juga akan menyebabkan kerusakan DNA yang menyebabkan munculnya kanker.

Penangkal radikal bebas yang diketahui saat ini adalah antioksidan. Kapasitas antioksidan dari kiwi terhadap senyawa radikal bebas merupakan peringkat tertinggi ketiga setelah anggur oranye dan merah.

Antioksidan yang terkandung dalam buah kiwi adalah yang paling mudah dimetabolisme dan diserap ke dalam pembuluh darah tubuh. Itu sebabnya sumber makanan antioksidan seperti kiwi sangat disarankan untuk mereka yang ingin sehat secara alami.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Sejuta vitamin yang terkandung dalam buah kiwi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/11/sejuta-vitamin-yang-terkandung-dalam.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Sejuta vitamin yang terkandung dalam buah kiwi"

Post a Comment