Powered by Blogger.

Arsip Blog

Mengapa buah-buahan lokal lebih baik dari pada buah-buahan impor???

Menurut data yang dirilis dari Biro Pusat Statistik, konsumsi buah di Indonesia sangat rendah. Pada tahun 2004, sekitar 6 dari 10 orang tidak makan buah dengan kapasitas yang cukup untuk kebutuhan gizi. Selain karena kurangnya kesadaran dalam makan buah dan juga harga buah yang cukup tinggi bagi keluarga miskin.

Tapi, Apakah harga buah memang benar-benar tinggi dan sulit kita jangkau? Ternyata, tidak selalu. Karena hanya buah impor yang memiliki harga yang relatif tinggi, sedangkan harga buah lokal masih terjangkau.

Mengapa buah-buahan lokal lebih baik dari pada buah-buahan impor???

Sayangnya, Banyak orang lebih memilih buah impor dari pada buah lokal, karena dianggap lebih bergengsi dan lebih banyak manfaat. Selain itu buah impor memiliki bentuk yang baik dari pada buah lokal. Buah lokal biasanya dihindari karena bentuknya yang kurang bergengsi. Sedangkan yang perlu kita ketahui adalah bahwa manfaat dan nilai gizi dari buah lokal lebih besar dari pada buah impor.

Buah-buahan impor sebenarnya hanya memenangkan prestise, namun kandungan gizinya kurang dari buah lokal," kata ahli gizi, Emilia E. Achmadi, MS, RD,

Nutrisi buah sebenarnya dipengaruhi oleh struktur tanah dan juga pengobatan pasca-panen. Karena pengiriman buah yang cukup jauh, buah impor umumnya dipanen dalam pra-matang agar tidak cepat rusak dan membusuk selama proses pengiriman. Pemanenan buah sebelum matang akan sangat mempengaruhi kandungan gizi dalam buah.

Isi dari buah dengan kandungan nutrisi tertinggi ditemukan pada buah matang, sehingga panen buah sebelum saatnya bisa memotong saluran nutrisi dalam buah-buahan.

Pelestarian buah dengan menggunakan bahan kimia seperti lapisan lilin membuat penampilan buah impor halus dan mengkilap, sehingga terlihat sangat menggoda. Namun yang perlu kita ketahui adalah lapisan lilin dapat menjadi pengaruh buruk pada kesehatan.

Sebaliknya, kandungan gizi buah lokal dianggap lebih baik karena pada saat pengiriman pun tidak terlalu jauh. Hasilnya, pasca panen pengobatan tidak perlu melibatkan pengawet atau bahan kimia lainnya. Buah dapat dipanen saat masak, sehingga kandungan gizinya maksimal. Selain itu, karena jarak tempuh pengiriman tidak terlalu jauh dan yang dijual di pasar, harga buah lokal cenderung lebih murah.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Mengapa buah-buahan lokal lebih baik dari pada buah-buahan impor???. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/11/mengapa-buah-buahan-lokal-lebih-baik.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Mengapa buah-buahan lokal lebih baik dari pada buah-buahan impor???"

Post a Comment