Powered by Blogger.

Arsip Blog

Memiliki rambut yang sehat dan kuat bukan lagi sebatas impian...

Ingin memiliki rambut yang kuat?
Tidak ingin mendengar tentang rambut rontok?
Mungkin kita harus berfikir tentang shampo yang tepat, mengubah kebiasaan kita terutama yang berhubungan dengan diet sehat. Diet yang baik akan memainkan peran penting bukan hanya untuk melindungi rambut kita, tetapi juga untuk melindungi kesehatan kita secara keseluruhan.

Kita harus harus pintar memilih makanan yang kaya akan mineral penting seperti seng, yodium besi, dan kalsium. Ingat bahwa mineral akan mendukung semua kebaikan metabolisme tubuh dan juga dapat mendukung kesehatan rambut kita. 

Memiliki rambut yang sehat dan kuat bukan lagi sebatas impian...

Seng
Zinc adalah mineral penting untuk melindungi rambut kita. Menurut DH Rushton ada bukti klinis bahwa seng dapat menghentikan proses kerontokan rambut. Yang perlu kita ingat adalah dosis yang tepat. Terlalu banyak mineral ini juga kurang baik karena dapat mencegah penyerapan mineral lainnya. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition penerapan secara berlebihan dengan nutrisi ini juga dapat mengakibatkan kelesuan, kelelahan, mual dan muntah. Di sisi lain terlalu sedikit zinc juga dapat mengakibatkan rambut rontok. Untuk anak yang berusia 4 dan juga untuk orang dewasa jumlah harian yang disarankan adalah 15 mg seng untuk diet 2.000 kalori.

Mengapa mineral ini begitu penting? Zinc membantu kita untuk mengeluarkan minyak di kulit kepala (penyebab ketombe dan rambut rontok). Zinc juga merupakan mineral penting yang memungkinkan sinyal untuk lewat dari satu sel ke sel lainnya. Kunci keberhasilannya adalah dapat tersampaikannya pesanan folikel rambut untuk terus tumbuh. Inilah sebabnya mengapa kita harus menambahkan beberapa kacang-kacangan (almond, kacang mete dll), kacang, daging sapi dan makanan lain yang kaya seng pada diet kita.

Besi
Besi sangat penting karena menghasilkan hemoglobin - tanpa itu transportasi oksigen ke seluruh tubuh tidak mungkin berjalan lancar. Jika kita menderita kekurangan zat besi maka akan mempengaruhi jaringan berfungsinya epitel serta sel lain. Dalam sebuah percobaan klinis DH Rushton memberikan 1,5 mg L-lisin (membantu dengan penyerapan zat besi) dan 72 mg zat besi kepada 22 wanita yang menderita masalah rambut. Setelah setengah tahun ia melaporkan penurunan 39% pada masalah rambut rontok. Hemmm... cukup berperan juga kan zat besi untuk menaggulangi rambut rontok. Kita dapat menemukannya terutama pada sayuran hijau (seperti bayam) atau dalam daging. Jumlah yang disarankan adalah 18 mg per hari.

Kalsium
Kalsium adalah zat gizi yang signifikan untuk pertumbuhan tulang dan pertumbuhan rambut. Kekurangan mineral ini dapat mengakibatkan rambut-rambut kecil dan lebih lemah sehingga rentan rontok.

Yodium
Yodium menjaga kesehatan rambut dengan mendukung kelenjar tiroid. Pekerjaan yang paling penting dari kelenjar tiroid adalah untuk mengontrol cara sel memetabolisme nutrisi. Jika kita tidak memberikan jumlah yang cukup yodium maka kelenjar tiroid tidak dapat beroperasi dengan baik. Jumlah yang disarankan adalah 150 mg yodium per hari. Sumber terbaik dari mineral ini adalah telur dan makanan laut.

Perlu untuk kita ingat bahwa rambut yang sehat adalah merupakan hasil dari banyak faktor antara lain polusi udara, kosmetik, diet . Semua faktor ini dapat mempengaruhi kondisi rambut. Namun, tanpa seng, kalsium besi, dan yodium dalam diet, kita tidak dapat mengharapkan untuk memiliki rambut yang sehat dan kuat.
Semoga info ini dapat bermanfaat bagi kita semua, terima kasih....
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Memiliki rambut yang sehat dan kuat bukan lagi sebatas impian.... Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/06/memiliki-rambut-yang-sehat-dan-kuat.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Memiliki rambut yang sehat dan kuat bukan lagi sebatas impian..."

Post a Comment