Powered by Blogger.

Arsip Blog

Kayu manis juga bisa menobati sembelit lho...

Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah-rempah, sesuai namanya kayu ini berasa manis aromatik dan dapat juga dipergunakan sebagai obat. Kayu manis merupakan salah satu rempah-rempah tertua yang dikenal manusia. Kegunaan dan manfaat telah didokumentasikan sejak 2700 SM seluruh China, Eropa dan Mesir. Ada dua jenis kayu manis, Ceylon dan Cina (cassia). Cinnamon menawarkan manfaat anti-pembekuan darah dan anti-mikroba, meningkatkan fungsi otak dan memberikan kontribusi pada usus besar yang sehat. Hal ini juga dapat membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes.

Tiga komponen yang ditemukan dalam minyak atsiri kulit kayu manis yang menawarkan manfaat kesehatan termasuk cinnamaldehyde, asetat dan alkohol cinnamyl cinnamyl. Cinnamaldehyde bekerja melawan platelet darah berbahaya yang merupakan penyebab pembekuan darah.

Kayu manis ini bekerja dengan menghambat pelepasan asam arakidonat dari membran sel. Dengan demikian, kayu manis bermanfaat untuk berbagai kondisi yang menyebabkan peradangan, seperti rheumatoid arthritis. Karena kayu manis ini berfungsi sebagai anti-mikroba, ekstrak kayu manis dapat membantu menghentikan pertumbuhan bakteri berbahaya atau jamur. Sebagai agen anti-bakteri yang kuat, kayu manis mungkin memiliki aplikasi dalam pengawetan makanan, melindungi terhadap pertumbuhan mikroba yang berlebihan dan patogen yang ditularkan melalui makanan tertentu.

Kayu manis juga bisa menobati sembelit lho...

Manfaat kayu manis untuk mengontrol gula darah sudah pernah dibuktikan. Menurut sebuah studi di American Journal of Clinical Nutrition (2007), bumbu makanan tinggi karbohidrat dengan kayu manis membantu mengurangi kadar gula darah yang tinggi. Sebagian alasan mengapa makanan tinggi karbohidrat dapat meningkatkan gula darah dengan cepat adalah karena mereka sangat cepat dicerna perut. Kayu manis mengurangi kenaikan gula darah setelah makan karena memperlambat proses pencernaan karbohidrat tadi. Selain itu kandungan senyawa yang terdapat di kayu manis dapat menghambat enzim yang inactivates reseptor insulin, sehingga sel-sel lebih mampu untuk menggunakan glukosa secara efektif.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aroma dan rasa kayu manis dapat berfungsi sebagai stimulan kognitif yang dapat meningkatkan memori kerja, visual-motor kecepatan dan pengakuan memori virtual. Hasil awal yang positif telah mendorong peneliti di bidang Ilmu Chemoreception untuk melihat apakah kayu manis mungkin bermanfaat untuk memperlambat atau mengurangi segala sesuatu yang berkaitan dengan penurunan usia kognitif.

Kayu manis adalah sumber yang sangat baik dari mangan trace mineral, zat besi serat dan kalsium. Kalsium dan serat merupakan kombinasi yang kuat. Cairan empedu dapat mengurangi kemampuan untuk merusak sel-sel usus, mengurangi risiko terkena kanker usus besar. Karena kayu manis kaya akan serat makanan, maka ia juga dapat memberikan bantuan untuk menyembuhkan sembelit.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Kayu manis juga bisa menobati sembelit lho.... Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/06/kayu-manis-juga-bisa-menobati-sembelit.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

1 Komentar untuk "Kayu manis juga bisa menobati sembelit lho..."