Powered by Blogger.

Arsip Blog

Khasiat kacang dalam menjaga kesehatan kita

Sebagian dari kita beranggapan bahwa kacang adalah makanan berlemak dan tinggi kalori. Sering juga kita mendengar mitos dikalangan remaja bahwa kacang adalah sumber jerawat sehingga kacang menjadi salah satu makanan yang dijauhi. Tapi tahukah kita ternyata kacang juga memiliki manfaat kesehatan yang kuar biasa lho.... Hemmm, kira-kira apa ya yang membuat si kacang ini begitu istimewa dalam hal kesehatan.

Kacang sangat dianjurkan karena mereka kaya akan beberapa nutrisi, mengandung vitamin, lemak sehat dan mineral.

Khasiat kacang dalam menjaga kesehatan kita

Mengurangi resiko penyakit jantung
Kacang-kacangan kaya akan lemak sehat mono dan ganda tak jenuh. Lemak ini sangat penting dalam mempertahankan struktur normal dari sel dan mengelola peradangan. Menurut British Journal Kedokteran orang yang mengkonsumsi kacang 5 kali per minggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 35 persen.

Serat
Semua kacang-kacangan mengandung serat yang penting untuk menurunkan tingkat kolesterol kita. Dengan mengkonsumsi makanan yang kkaya akan serat akan menjadikan kita senantiasa merasa kenyang sehingga akan berdampak positif pada program diet kita. Disamping itu serat juga dapat mencegah diabetes.

Sumber mineral
Jika kita ingin mendapatan mineral alami seperti seng, fosfor magnesium, dan kalsium maka kacang-kacangan adalah pilihan yang sangat baikuntuk itu. Perlu kita ketahui bahwa tubuh kita memerlukan semua mineral berharga tersebut untuk produksi energi, imunitas yang kuat dan perkembangan tulang. Menurut American Journal of Clinical Nutrition ada hubungan antara osteoporosis pada pinggul dan tulang belakang, darah rendah dan asupan makanan rendah seng.

Sumber energi
Seperti yangsudah kita tahu, kacang-kacangan mengandung kalori yang cukup tinggi. Salah satu contohnya adalah kacang brazil - hanya satu ons kacang ini mengandung sekitar 190 kalori. Lain kacang-almond mengandung 165 kalori dalam satu ons. Ini berarti bahwa kacang-kacangan adalah sumber energi. Tapi perlu kita ingat bahwa segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan juga tidak akkan berdampak baik.

Sumber sterol
Beberapa kacang kaya akan sterol. Sterol adalah zat yang dapat membantu tubuh kita untuk mengontrol tingkat kolesterol. Beberapa jenis kacang ditambahkan ke produk seperti jus jeruk atau margarin untuk tambahan kandungan esehatannya.

Vitamin E
Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang paling penting bagi kesehatan kita. Vitamin E dapat membantu menghentikan perkembangan plak di arteri. Hal ini sangat penting karena perkembangan plak dapat menyebabkan nyeri dada, serangan jantung atau penyakit arteri koroner.

Yaaa... beberapa manfaat kesehatan dari kacang-kacangan yang perlu kita ketahui. Dengan berbagai manfaat kesehatan tersebut maka tidak ada salahnya jika ita menambahkan kacang dalam menu diet kita.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Khasiat kacang dalam menjaga kesehatan kita. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/06/khasiat-kacang-dalam-menjaga-kesehatan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Khasiat kacang dalam menjaga kesehatan kita"

Post a Comment