Powered by Blogger.

Arsip Blog

Manfaat minyak ikan bagi kecerdasan otak

Ikan tidak hanya memiliki daging yang lezat dan sehat untuk dikonsumsi, tetapi hewan yang satu ini juga memiliki minyak yang sangat "ajaib" dan sangat berguna bagi mereka yang mengkonsumsinya yaitu: bayi, balita, dan orang dewasa. Mengapa? Karena kandungan omega-3 asam lemak dalam minyak ikan kaya akan nutrisi yang membantu proses tumbuh kembang otak (kecerdasan), dan perkembangan indera penglihatan, serta menambah kekebalan tubuh bagi bayi dan anak-anak.

Minyak ikan adalah salah satu nutrisi yang kaya akan asam lemak karena mengandung sekitar 25% asam lemak jenuh dan 75% asam lemak tak jenuh. Asam lemak tak jenuh ganda (asam lemak tak jenuh ganda / PUFA) di dalamnya akan membantu menumbuhkan proses pengembangan otak (kecerdasan), pengembangan sistem kekebalan tubuh bayi dan balita.

Manfaat minyak ikan bagi kecerdasan otak

Sebenarnya, jenis asam lemak dalam minyak ikan ada tiga macam yaitu:
  1. Asam lemak tak jenuh (tanpa ikatan rangkap dalam rantai karbon), seperti palmitat.
  2. Asam lemak tak jenuh tunggal (ikatan rangkap tunggal pada rantai karbon), untuk oleat misalnya.
  3. Asam lemak tak jenuh ganda (memiliki lebih dari satu ikatan rangkap dalam rantai karbon), misalnya, linoleat, linolenat, asam eikosapentanoat (EPA), dan asam dokosaheksanoat (DHA).
Jika Anda ingin memberikan nutrisi tambahan bagi bayi Anda, ada beberapa pilihan yang mungkin bisa anda pilih:
Minyak ikan
Umumnya, minyak ikan diekstrak dari hati ikan cod atau badan halibut dan mengandung vitamin A dan D.

Omega-3 kapsul
Minyak ikan memang dapat dibuat dalam bentuk konsentrat yang dilapisi dengan gelatin sebagai pelindung, dan dijual dalam bentuk kapsul gelatin dengan ukuran ekstra satu gram 1 IU vitamin E per gram. Sebenarnya, kapsul ini merupakan campuran dari asam linolenat lemak, EPA dan DHA, serta diekstraksi dari jaringan lemak ikan makarel, herring, sarden, salmon, dan ikan lemuru.

Meskipun DHA meiliki properti untuk anak Anda, tetapi Anda masih harus tepat dan hati-hati dalam memilih DHA. Para ahli merekomendasikan konsumsi minimal 650 mg DHA per hari meningkat menjadi satu gram per hari pada wanita hamil dan ibu menyusui untuk memenuhi kebutuhan bayi dan juga kekurangan DHA pada ibu.

Salah satu cara untuk memenuhinya adalah banyak makan ikan laut. Misalnya, untuk mencegah penyakit kardiovaskular, disarankan untuk mengkonsumsi 2-4 ons ikan per minggu. Sayangnya, sebuah penelitian di jurnal Archives of Patologi dan Laboratorium Kedokteran, menunjukkan banyak ikan ini sudah terkontaminasi dengan zat beracun seperti merkuri, biphenyls polichlorinated (PCB) dan pestisida organoklorin.

Menurut Stacy Foran Melanson dari Harvard Medical School, suplemen minyak ikan lebih baik daripada ikan segar karena pestisida dan konten PCB kurang dari nilai yang dapat dideteksi.

Butuh waktu bertahun-tahun-diteliti sejak tahun 1970. Zat beracun seperti PCB dan pestisida mengalir melalui danau dan sungai ke laut dan terakumulasi dalam tubuh ikan laut dalam. Ketika ikan yang terkontaminasi dikonsumsi teratur, diperkirakan PCB dan pestisida yang tertelan 70 kali dan 120 kali lebih. Efeknya akan lebih berbahaya bila dikonsumsi anak-anak dan wanita hamil.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan kualitas terbaik minyak ikan, pengolahan ikan minyak dan kemasan sangat penting dalam menentukan kualitas. Kualitas minyak ikan yang tidak biasanya tidak stabil dan masih mengandung tingkat merkuri dan pestisida sangat tinggi. Penelitian dari University of Minnesota juga menunjukkan emulsi minyak ikan dalam bentuk penyerapan yang lebih baik daripada dalam bentuk kapsul bergelatin.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Manfaat minyak ikan bagi kecerdasan otak. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/06/manfaat-minyak-ikan-bagi-kecerdasan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Manfaat minyak ikan bagi kecerdasan otak"

Post a Comment