Powered by Blogger.

Arsip Blog

Tips sehat menghadapi musim hujan

Hujan pertama musim ini disambut dengan hangat oleh semua orang setelah mengalami panas terik musim panas. Tapi musim hujan mengurangi kekebalan tubuh kita dan membuat kita rentan terhadap banyak penyakit yang umumnya terkait dengan musim ini. Sudah saatnya bagi kita untuk menjaga tubuh kita tahan terhadap penyakit dengan meningkatkan kekebalan kita dan mengambil tindakan pencegahan terhadap penyakit ini.
Menurut Ayurveda, musim adalah waktu ketika tingkat kelembaban di atmosfer tinggi. Tambahkan pada suhu hangat dan hasilnya adalah bahwa kemampuan pencernaan tubuh turun. Sebenarnya ini adalah waktu ketika pencernaan berada pada titik terendah, ketika orang makan beberapa makanan yang salah selama ini hasilnya adalah penyakit!

  • Hindari makanan berat, makanan asin karena meningkatkan retensi air dan kembung. Lebih baik untuk makan makanan rendah garam. Ada persiapan yang tersedia yang memiliki garam kalium juga (garam biasa memiliki tingkat tinggi natrium yang bertanggung jawab untuk tekanan darah tinggi dan retensi air).
  • Mulai pijat tubuh seminggu sekali dengan minyak ringan seperti minyak zaitun. Pijat mempromosikan gerakan saluran getah bening yang tidak hanya membantu untuk mengurangi kembung, tetapi juga membantu penurunan berat badan dengan meningkatkan aliran empedu.
  • Makanlah makanan ringan seperti sayuran, buah-buahan dll, sereal dan menghindari terlalu banyak daging atau ikan. Satu juga dapat menikmati panggang, makanan tandoori yang perlu minyak minimum / mentega.
  • Hindari makanan yang digoreng karena mereka menurunkan efisiensi pencernaan.
  • Jangan memanjakan diri dalam latihan yang berat, bukan berjalan bersama dengan yoga atau peregangan lebih baik karena latihan berat menyebabkan peningkatan suhu tubuh yang menyebabkan sakit kepala, nyeri tubuh dll
  • Makan makanan yang mengering di alam, yang paling populer menjadi Mekah (jagung), chana (buncis), besan (tepung gram), Jow (oat). Makan makanan berair seperti beras, lassi, semangka, muskmelon menciptakan pembengkakan dalam tubuh.
  • Hindari minyak berat seperti minyak mustard, minyak kacang, minyak wijen. Selain meningkatkan pitta, juga memberikan kelembaban dan sifat manis mulut ke sistem yang mengundang infeksi. Mengkonsumsi pengeringan minyak seperti minyak jagung, atau minyak cahaya seperti minyak zaitun.
  • Menjaga kebersihan umum saat makan di luar dan pasti menghindari vendor pinggir jalan sebagai sangat sedikit orang yang memiliki kekebalan tinggi untuk menangani overload bakteri di tempat tersebut.
  • Hindari salad atau memilih hangat / dikukus salad karena ada organisme menular di musim ini.
  • Hindari makanan yang sangat asam seperti asam (imli), chutney dan acar karena mereka mempromosikan retensi air.
  • Hindari makanan seperti susu memakan paneer, dll raita luar pada pedagang kaki lima.
  • Cuci semua sayuran hijau secara menyeluruh karena banyak cacing dan serangga yang tidak terlihat,
  • Mengkonsumsi banyak sayuran pahit seperti karela (labu pahit) dan sayur pahit seperti neem (kemangi), methi (fenugreek) benih, haldi (kunyit) karena dapat mencegah infeksi.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Tips sehat menghadapi musim hujan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/03/tips-sehat-menghadapi-musim-hujan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Tips sehat menghadapi musim hujan"

Post a Comment