Powered by Blogger.

Arsip Blog

Tips agar anak kita mau mengkonsumsi makanan berserat yang kita hidangkan

Kebanyakan anak-anak tidak mendapatkan cukup serat dalam diet sehari-hari mereka. Hal tersebut pada akhirnya dapat menyebabkan sejumlah masalah pencernaan seperti sembelit. Serat tidak bisa dicerna oleh tubuh manusia, sehingga mereka bergerak melalui saluran pencernaan dan membersihkan saluran tersebut sehingga akan mempermudah pengeluaran zat sisa pencernaan (limbah).

Jadi salah satu cara terbaik untuk menjaga anak kita yaitu dengan memberi mereka asupan secara teratur. Akan tetapi sangat sulit untuk membuat anak kita mau mengkonsumsi makanan berserat yang sudah kita hidangkan. Akan lebih baik jika kita mengadakan persetujuan dengan sang anak tentang makanan apa yang kira-kira meraka mau untuk mengkonsumsinya ( makanan berserat lhooo..). Mungkin kita bisa membantu mereka membuat trail mix mereka sendiri dengan memadukan beberapa kacang atau biji-bijian secara bersama-sama dengan sereal tinggi serat dan mencampurkannya

Tips agar anak kita mau mengkonsumsi makanan berserat yang kita hidangkan

Banyak buah-buahan dan sayuran berserat namun terkadang anak kita makanan berserat tersebut, cobalah membuat mereka menyenangi makanan tersebut dengan menata buah dan beberapa sayuran tersebut sebagus mungkin, misalkan dipotong rapi atau di iris tipis-tipis karena pada umumnya anak sangat menyukai makanan dengan bentuk yang unik.
Contoh yang paling sederhana: kita dapat menggunakan kismis untuk mata, wortel untuk hidung, dan seledri untuk alis, dan irisan apel untuk tsebuah senyuman. Nahhh, jadilah bentuk unik dari makanan berserat yang disukai anak.
Satu lagi, kita juga harus ingat untuk tidak memberikan wortel kepada anak berusia 3 th, karena bisa membuat mereka tersedak.

Beberapa anak akan langsung menolak saat kita menyajikan semangkuk makanan kaya serat. Buah dan sayur yang kita hidangkan mungkin akan mereka makan jika mereka dapat mencelupkan buah dan sayur tersebut kedalam sesuatu yang mereka sukai seperti yoghurt, selai kacang, salad dressing, atau hummus. Jadi, tidak ada salahnya jika kita memadukan buah dan sayur dengan beberapa yoghurt, selai kacang, salad dressing, atau hummus.

Kita sama-sama tahu kalau gandum juga kaya akan serat. Tapi yang jadi masalah adalah apakah anak kita mau melahap gandum yang telah kita hidangkan??? Sebagian besar dari mereka pasti menolaknya. Cobalah mencampur beberapa sereal tinggi serat dengan dengan beberapa makanan yang mereka sukai. Dengan cara ini mereka akan dapat asupan serat yang cukup dan juga dapat makan makanan favorit mereka.

Serat sangat bermanfaat untuk kesehatan kita, terutama anak-anak. Disini kita sebagai orang tua harus pintar-pintar memilih cara agar anak kita mendapatkan asupan serat yang cukup. Semoga beberapa tips tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips Diet dengan judul Tips agar anak kita mau mengkonsumsi makanan berserat yang kita hidangkan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/09/tips-agar-anak-kita-mau-mengkonsumsi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Tips agar anak kita mau mengkonsumsi makanan berserat yang kita hidangkan"

Post a Comment