Powered by Blogger.

1001 manfaat buah jeruk bagi kesehatan kita

Jeruk adalah salah satu buah yang paling populer dikalangan kita. Mungkin penyebabnya adalah karena buah ini disamping segar dan lezat juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Kebanyakan dari kita telah tahu bahwa jeruk banyak mengandung vitamin C. Tetapi apakah itu merupakan satu-satunya manfaat dari buah ini? Hemmmm.... tentu saja tidak, masih banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah ini.

Vitamin C
Menurut The American Journal of Clinical Nutrition 2 gelas jus jeruk setiap hari dapat meningkatkan konsentrasi vitamin C dalam tubuh sebanyak 40-64 persen. Vitamin C sangat penting untuk melindungi kesehatan kita secara keseluruhan. Vitamin C melindungi kita dari molekul yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan efek berbahaya dari radikal bebas yang pada akhirnya menjadi penyebab utama penuaan dini. Perlu diketahui bahwa vitamin C tidak dapat disintesis oleh tubuh kita.

1001 manfaat buah jeruk bagi kesehatan kita

Meningkatkan Tekanan diastolik
Menurut The American Journal of Clinical Nutrition dengan minum jus jeruk akan dapat meningkatkan tekanan darah diastolik. Jus jeruk yang banyak mengandung pigmen hesperidin yang berfungsi untuk mengurangi biomarker risiko kardiovaskular.

mencegah peradangan
Menurut The American Journal of Clinical Nutrition konsumsi jus jeruk bersama dengan makanan yang tinggi lemak, tinggi karbohidrat akan dapat mencegah terjadinya peradangan.

Vitamin B kompleks
Jeruk juga kaya akan vitamin B kompleks seperti piridoksin, folat dan thiamin. Vitamin ini penting bagi tubuh kita, misalnya misalnya folat dapat membantu proses penyembuhan luka dan berperan penting dalam reproduksi sel baru.

Menurunkan tingkat kolesterol jahat
Konsumsi rutin jeruk (terutama jus jeruk) dapat membantu pasien dengan kolesterol tinggi untuk menurunkan tingkat kolesterol (low-density lipoprotein). Namun hal ini masih dalam proses uju klinis oleh para ahli.

Nutrisi, mineral dan vitamin
Jus jeruk dikemas dengan mineral seperti kalsium dan kalium akan membantu mengontrol tekanan darah dan detak jantung. Jeruk juga mengandung banyak vitamin A, flavonoid antioksidan seperti zea-xanthin, lutein, beta-cryptoxanthin, alpha beta-karoten nad.

Yaaa... seperti yang sudah kita bahas tadi, ternyata buah jeruk tidak hanya sebatas mengandung vitamin C akan tetapi juga memiliki kandungan zat lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Jadi tidak ada salahnya jika kita menambahkan jus jeruk dalam daftar menu diet kita. Selamat mencoba...

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul 1001 manfaat buah jeruk bagi kesehatan kita. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/07/1001-manfaat-buah-jeruk-bagi-kesehatan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "1001 manfaat buah jeruk bagi kesehatan kita"

Post a Comment