Powered by Blogger.

Kalium mempengaruhi kesehatan tubuh kita

Kita semua tahu bahwa mineral dan nutrisi sangat dibutuhkan tubuh untuk tumbuh sehat. Salah satu nutrisi yang paling penting adalah kalium. Kadang dokter memberikan saran untuk menambahkan kalikum pada diet kita, tapi apakah kita pernah berpikir apa manfaat kesehatan dari kalium itu sendiri?

Para ilmuwan telah membuktikan bahwa 14% orang yang pergi ke dokter rata-rata mengalami kekurangan kalium dalam pemeriksaannya. Terlebih lagi,sekitar satu dari lima orang dirawat di rumah sakit karena mereka menderita kekurangan kalium. Kekurangan mineral ini dapat mengakibatkan beberapa penyakit seperti stroke, hipertensi, diabetes dan penyakit jantung.

Seperti yang kita lihat, kekurangan kalium sangat identik dengan gangguan kesehatan. Bahkan, nutrisi ini juga mempengaruhi seluruh tubuh kita. 

Pengaruh terhadap otak kita
Kalium sangat membantu untuk menghilangkan sakit kepala. Nutrisi ini juga dapat membantu membawa oksigen ke otak. Terlebih lagi, kalium berperan dalam memasok neurotransmiter dengan percikan di otak untuk mengirimkan sinyal ke saraf kita. 


Rendahnya gula darah
Rendahnya tingkat kalium dalam tubuh kita akan menyebabkan penurunan tingkat gula darah. Perlu kita ketahui bahwa penurunan tingkat gula darah menyebabkan kelemahan, berkeringat, gemetar, gugup dan sakit kepala. Klorida kalium dan natrium adalah solusi yang baik untuk situasi seperti ini.

Pengaruh terhadap ginjal
Menambahkan potasium dalam diet kita akan mencegah batu ginjal berkembang. Potasium ini bertindak sebagai agen nutrisi untuk menjaga kalsium dari batu pembentuk (batu ginjal dirumuskan oleh kalsium). Namun sebaiknya kita harus berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi tentang dosis.
Kalium mempengaruhi kesehatan tubuh kita

Tulang dan otot
Kita memerlukan kalium untuk membangun otot dan tulang yang kuat. Hal ini penting terutama selama kehamilan dan masa remaja. Nutrisi ini diperlukan untuk relaksasi dan kontraksi yang teratur. Kekurangan kalium dapat menyebabkan kram otot. Mengkonsumsi pisang secara teratur dapat mencegah masalah ini (pisang kaya akan nutrisi kalium). Juga kalium dapat mencegah kehilangan tulang dari osteoporosis.

Jalur saraf
Kalium akan membantu kita untuk menjaga jalur saraf untuk tetap sehat dan jelas. Rendahnya tingkat nutrisi ini dapat menyebabkan halusinasi, psikosis kebingungan, dan depresi. Juga iritabilitas ringan.

Neraca air
Jika kita ingin menjaga keseimbangan air dalam tubuh, kita harus makan makanan yang kaya kalium. Berbagai jenis sel dalam tubuh kita perlu keseimbangan air dan kalium ini dapat membantu sel-sel dalam mengatur keseimbangan air.

Elektrolit
Kalium adalah kunci elektrolit. Ingat bahwa kita perlu menjaga keseimbangan antara kalium dan natrium - untuk mengatur denyut jantung dan tekanan darah.

Metabolisme
Kalium membantu dalam proses metabolisme zat gizi yang berbeda seperti karbohidrat, protein dan lemak. Nutrisi ini juga sangat membantu untuk membuat protein dari asam amino dan mengubah glukosa menjadi glikogen.

Stres dan kecemasan
Nutrisi ini adalah obat yang sangat baik untuk orang yang menderita masalah mental seperti stres dan kecemasan. Kalium menjamin kinerja mental yang efisien dari tubuhkita.

Jika Anda ingin menjaga agar tubuh tetap sehat, kita harus ingat tentang diet berdasarkan makanan yang kaya nutrisi dan mineral. Kalium berpengaruh pada kesehatan kita secara keseluruhan. Inilah sebabnya mengapa kita tidak boleh membiarkan tubuh kita kekurangan nutrisi ini.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Kalium mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/07/kalium-mempengaruhi-kesehatan-tubuh.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Kalium mempengaruhi kesehatan tubuh kita"

Post a Comment