Powered by Blogger.

Cegah kalsifikasi dengan vitamin K

Vitamin K merupakan salah satu nutrisi yang kita butuhkan untuk melindungi kesehatan. Seperti vitamin dan mineral lainnya, vitamin K dapat memberikan kita manfaat kesehatan yang signifikan.

Akan lebih baik jika kita menambahkan makanan yang kaya nutrisi ini (Vitamin K) untuk diet. Hal ini sangat penting mengingat beberapa manfaat dari Vitamin K ini.

Mengatur pembekuan darah
Peran paling penting dari vitamin K adalah untuk mengatur pembekuan darah. Proses ini otomatis terjadi ketika kita menderita cedera karena robekan pada pembuluh darah. Vitamin K memainkan peran penting dalam proses ini dengan memindahkan kalsium dari tubuh. Terlebih lagi, vitamin ini mengurangi risiko perdarahan di hati, sakit kuning dll. Bahkan penyakit gastrointestinal seperti penyakit Crohn bisa minimalkan dengan memasukkan vitamin K dalam diet kita.

Antioksidan
Bentuk dasar dari vitamin K, termasuk menaquinones dan phylloquinones dapat melindungi sel dari stres oksidatif. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin ini bukan merupakan antioksidan dalam arti yang sama dengan vitamin E atau C.

Cegah kalsifikasi dengan vitamin K

Mendukung fungsi saraf
Vitamin K mengambil bagian penting dalam proses sintesis dari sphingolipids. Karena itu vitamin ini mendukung fungsi syaraf dan otak yang tepat.

Menjaga kesehatan tulang
Vitamin ini menghambat pembentukan sel-sel tulang berlebih (dapat menyebabkan penipisan mineral dari tulang kita). Vitamin K memiliki kemampuan untuk mengubah osteocalcin melalui carboxylation (kita memerlukan osteocalcin untuk menjaga tulang agar tetap dalam kondisi yang baik).

Anti-inflamasi
Menurut penelitian, konsumsi yang tepat dari vitamin K dapat menurunkan rilis dari glikoprotein interleukin-6, yang merupakan penyebab peradangan dalam tubuh.

Mencegah kalsifikasi
Kalsifikasi adalah penumpukan kalsium di dalam jaringan. Proses ini dapat menyebabkan masalah kardiovaskular. Berkat vitamin K kita dapat mencegah kalsifikasi. Perlu diketahui bahwa kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan artherosclerosis, yang menyebabkan risiko lebih besar terkena penyakit kardiovaskular.

Mencegah mual pada ibu hamil
Pada masa kehamilan ibu biasanya menderita muntah dan mual, yang merupakan akibat kekurangan vitamin K.

Vitamin K seharusnya tidak menimbulkan efek samping pada orang sehat. Namun, kita harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan menentukan dosis dari vitamin ini. Terlebih lagi jika kita memiliki penyakit kronis, maka kita wajib berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi vitamin K. Terlalu banyak vitamin ini dalam darah juga dapat mengakibatkan gejala keracunan.
Seperti yang kita ketahui, vitamin K memiliki beberapa manfaat kesehatan. Namun, kita harus teliti dengan dosis nutrisi ini agar tidak mengakibatkan keracunan.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Cegah kalsifikasi dengan vitamin K. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/07/cegah-kalsifikasi-dengan-vitamin-k.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Cegah kalsifikasi dengan vitamin K"

Post a Comment