Powered by Blogger.

Khasiat minyak ikan untuk kesehatan kita ( bagian I )

Minyak ikan yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari sangatlah bermanfaat untuk menjaga stabilitas kesehatan kita. Beberapa manfaat kesehatan dari minyak antara lain untuk membantu dalam pengobatan penyakit jantung, kolesterol tinggi, depresi, kecemasan, AHDH, imunitas rendah, kanker, diabetes, radang, radang sendi, IBD, AIDS, penyakit Alzheimer, gangguan mata, degenerasi makula dan bisul. Hal ini juga membantu dalam penurunan berat badan, kehamilan, kesuburan dan perawatan kulit (terutama untuk kondisi seperti psoriasis dan jerawat).

Sebagian besar manfaat kesehatan dari minyak ikan adalah karena kandungan omega 3 asam lemak esensial seperti asam dokosaheksaenoat (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA).
Beberapa manfaat kesehatan dari minyak ikan tersebut secara spesifik adalah:

Jantung sehat
Menurut American Heart Association (AHA), uji klinis telah membuktikan bahwa omega 3 efektif dalam mengurangi penyakit kardiovaskular (CVD). Minyak ikan merupakan sumber yang baik dari omega sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan aritmia jantung. Minyak ikan juga menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan tingkat kolesterol baik (HDL). Minyak ikan mencegah akumulasi trigliserida dan mengurangi tingkat trigliserida berlebih. Penelitian awal juga menunjukkan bahwa minyak ikan dapat digunakan untuk mencegah aterosklerosis pada pasien koroner. Dengan demikian minyak ikan sangat efektif dalam mengobati stroke dan penggunaan reguler dari minyak ikan dapat membantu menghindari kematian karena serangan jantung mendadak. Sesuai American Heart Association, temuan-temuan awal harus dikonfirmasi oleh penelitian lebih lanjut secara rinci.

Menurunkan berat badan
Minyak ikan juga membantu dalam menurunkan berat badan. Penelitian yang dilakukan oleh Profesor Peter Howe di University of South Australia telah menunjukkan bahwa minyak ikan meningkatkan efektivitas saat latihan dalam mengurangi berat badan. Sukarelawan yang diberi diet minyak ikan menunjukkan penurunan berat badan lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi diet minyak ikan. Latihan yang tepat dan dikombinasikan dengan minyak ikan memiliki efek positif pada bentuk tubuh dan komposisi tubuh pasien.

Meningkatkan Imunitas
Dengan mengkonsumsi minyak ikan secara teratur akan membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh kita sehingga memungkinkan kita untuk terhindar dari penyakit umum seperti flu, batuk dan flu. Omega tiga asam lemak hadir dalam minyak ikan bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dengan menghadirkan sitokin dan eicosanoids dalam tubuh kita. Minyak ikan juga bermanfaat untuk pasien yang menderita lupus, yang merupakan penyakit yang ditandai dengan serangan dari sistem kekebalan tubuh pada berbagai organ dan jaringan. Hal ini juga membantu dalam mengurangi demam, ruam kulit dan kelelahan.

Khasiat minyak ikan untuk kesehatan kita ( bagian I )

Anti-inflamasi
Minyak ikan efektif dalam mengurangi peradangan dalam darah. Konsumsi rutin suplemen minyak ikan, tablet, pil dan kapsul sangat membantu untuk kita yang menderita penyakit peradangan kronis. Minyak ikan sangat efektif dalam mengobati gangguan pencernaan, sariawan, sindrom usus pendek dan penyakit radang usus (IBD) termasuk Penyakit Crohn dan kolitis ulseratif. Pasien yang menderita penyakit Crohn sulit untuk menyerap vitamin, lemak dan suplemen penting. Suplemen minyak ikan adalah diet yang efektif bagi pasien tersebut. Dalam kolitis ulseratif, minyak ikan mencegah akumulasi leukotriene pada usus besar.

Mengobati radang sendi
Minyak ikan berguna dalam mengobati radang sendi, rematik, gejala Raynaud dan beberapa kondisi yang serupa. Penggunaan minyak ikan dapat membantu mengurangi dosis NSAID (non steroid anti-inflammatory drugs). Royal Adelaide Hospital, Australia, dan University of Newcastle, Australia telah melaporkan bahwa jumlah besar dari minyak ikan telah menunjukkan efek positif pada pengobatan arthritis. Dalam kasus osteoarthritis, minyak ikan dapat membantu dalam mengurangi dampak dari enzim yang merusak tulang rawan.

Depresi dan Kecemasan
Karena adanya asam lemak Omega 3, minyak ikan baik untuk menghilangkan depresi, kesedihan, kecemasan, gelisah, kelelahan stres, mental, penurunan gairah seksual, kecenderungan bunuh diri dan gangguan saraf lainnya. Para peneliti di Case Western Reserve University School of Medicine, Cleveland, Ohio pada publikasi penelitian mereka berjudul "Minyak Ikan dan Bipolar Disorder: Sebuah Perawatan Menjanjikan tetapi Belum diuji" menyatakan bahwa minyak ikan dapat berguna dalam menstabilkan suasana hati dan mengobati gangguan bipolar. Tak heran, telah ditemukan bahwa negara-negara di mana ikan yang dimakan sering memiliki insiden depresi yang rendah.

Mengobati penyakit Alzheimer
Penelitian yang dilakukan di Louisiana State University telah menunjukkan bahwa asam lemak yang efektif dalam mengobati penyakit Alzheimer. Sejak dahulu minyak ikan adalah salah satu sumber terbaik asam lemak esensial termasuk EPA dan DHA, membantu dalam menyembuhkan penyakit Alzheimer. Penelitian yang dilakukan di University of California di Los Angeles (UCLA) memvalidasi manfaat dari minyak ikan sebagai obat yang memungkinkan untuk penyakit ini.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Khasiat minyak ikan untuk kesehatan kita ( bagian I ). Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/07/khasiat-minyak-ikan-untuk-kesehatan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Khasiat minyak ikan untuk kesehatan kita ( bagian I )"

Post a Comment