Powered by Blogger.

Manfaat kalsium untuk kesehatan kita

Kalsium adalah salah satu mineral yang cukup pentingbagi tubuh kita. Beberapa manfaat kalsium bagi tubuh kita antara lain:

Menyembuhkan batu ginjal
Para ahli dulu percaya kalsium yang berkontribusi terhadap perkembangan batu ginjal. Menurut penelitian baru-baru ini diet tinggi kalsium dapat meminimalkan seseorang terserang penyakit batu ginjal.

Manfaat kalsium untuk kesehatan kita

Mencegah kanker usus besar
Para ilmuwan menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi sekitar 700 sampai 800 mg kalsium per hari akan lebih sedikit perpeluang terkena kanker usus besar.

Memperkuat Tulang
Kalsium sangat membantu untuk menjaga kesehatan tulang kita dan mencegah keluhan tulang seperti osteoporosis dan artritis.
Kalsium juga dapat membantu mencegah penyempitan dan mengatur tingkat tekanan dalam arteri kita.

Menjaga kesehatan gigi
Kalsium berpengaruh pada tulang rahang. Oleh karena itu makanan yang kaya nutrisi ini akan membantu kita untuk melindungi kesehatan gigi. Jika tingkat kalsium kita rendah, maka tulang rahang menyalurkan nutrisi ini ke bagian lain dari tubuh kita.
Jika tulang rahang kita kurang sehat maka akan berpengaruh terhadap kesehatan bagian tubuh kita yang lain.

Mengatur stabilitas berat badan
Kalsium dapat membantu kita untuk mengatur berat badan. Jika kita menderita kekurangan kalsium, tubuh kita akan cenderung untuk melepaskan hormon paratiroid. Hormon ini merangsang tulang untuk melepaskan kalsium ke dalam aliran darah kita sehingga keseimbangan akan tetap terjaga. Masalahnya adalah bahwa hormon paratiroid juga merangsang produksi lemak. Karena itu, jika kita ingin mencegah obesitas maka kita harus imenyertakan kalsium dalam diet kita.

Dukungan vitamin D
Kalsium dan vitamin D dapat mengurangi resiko melanoma. Menurut para ilmuwan, kombinasi dari kedua nutrisi dapat menjadi penyebab resiko terkena kanker kulit khususnya pada wanita.

Mempertahankan tingkat pH sehat
Kalsium akan membantu kita untuk menjaga tingkat pH agar dalam kondisi sehat. Berkat itu kita akan dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan juga meningkatkan vitalitas.

Mencegah blues premenstrual
Kalsium dapat mengurangi gejala sindrom pramenstruasi seperti hipertensi, perubahan suasana hati dan pusing.

Kalsium memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Tidak mungkin untuk menunjukkan satu persatu manfaat dari mineral ini. Tentu saja kita harus sadar bahwa kalsium dapat menyebabkan beberapa efek samping. Kita harus ingat tentang dosis yang tepat. Jika kita memiliki keraguan, kita harus berkonsultasi dengan dokter.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Manfaat kalsium untuk kesehatan kita. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/07/manfaat-kalsium-untuk-kesehatan-kita.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Manfaat kalsium untuk kesehatan kita"

Post a Comment