Powered by Blogger.

Sejuta manfaat vitamin E untuk kesehatan kita

Setiap dokter pasti akan menyarankan kita untuk makan sayur dan buah karena vitamin dan mineral yang dikandungnya. Kita perlu nutrisi untuk fungsi kerja tubuh agar tetap normal. Vitamin E adalah salah satunya. Mengapa vitamin ini sangat penting? Sama seperti vitamin dan mineral, vitamin E memiliki banyak manfaat bagi kesehatan

Fungsi otak
Vitamin E membantu untuk mencegah dan mengobati gangguan otak yang seperti migrain, stroke, sclerosis dan Parkinson. Juga mencegah dan memperlambat perkembangan Alzheimer. Menurut peneliti dari Rush University nutrisi ini (kombinasi dari bentuk tokoferol) sangat membantu dalam menurunkan risiko penyakit Alzheimer sebesar 67%. Vitamin E dianjurkan terutama untuk orang tua untuk memelihara kesadaran mental dan fungsi otak.

Mencegah kanker
Diet kaya vitamin E juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa berkat vitamin E kita dapat menurunkan kemungkinan terkena kanker kandung kemih hingga 50% dan juga risiko terkena kanker prostat pun dapat dikurangi.

Mengontrol kadar kolesterol
Nutrisi ini mencegah kolesterol yang akan dikonversi menjadi plak (proses ini mengental pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung dan stroke). 

Sejuta manfaat vitamin E untuk kesehatan kita

Antioksidan
Vitamin E seperti glutation, selenium, vitamin C dan B3 membantu kita melawan stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh kita. Sadarilah bahwa radikal bebas dapat merusak sel-sel kita dan dapat menyebabkan penyakit seperti kanker atau aterosklerosis.

Perawatan kulit
Vitamin E melindungi kita dari radiasi UV dan mempercepat penyembuhan luka. Vitamin E juga membantu mempertahankan kelembaban kulit dan mencegah gatal-gatal, kekeringan dan pecah-pecah.
Anti-inflamasi dan nyeri
Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin E dapat mencegah dan meredakan osteoarthritis. Hasilnya cukup mirip dengan non-steroid anti-inflammatory drugs (mereka biasanya digunakan untuk mengurangi nyeri rematik).

Sistem kekebalan
Vitamin E juga bisa berfungsi untuk memperbaiki bekas luka yang rusak, jaringan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Membantu menurunkan tekanan darah
Vitamin E membantu menurunkan tekanan darah, mencegah varises dan anemia. Nutrisi ini melindungi kita dari kram kaki dan mendukung pembekuan darah secara normal.

Manfaat lain
Vitamin E dapat membantu dalam pencegahan dan pengobatan katarak, degenerasi makula, asma, infertilitas, asam urat, diabetes, epilepsi, menopause, tukak lambung, psoriasis dan sindrom pramenstruasi.

Meskipun vitamin E memberikan beberapa manfaat kesehatan akan tetapi kita harus ingat bahwa ada juga efek samping dari penggunakan nutrisi ini. Terutama ketika kita kurang memperhatikan tentang dosis yang tepat.
Kita harus ingat, vitamin E dapat membantu kita untuk melindungi tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. Yang perlu kita lakukan adalah menggunakannya dengan bijak.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Sejuta manfaat vitamin E untuk kesehatan kita. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/07/sejuta-manfaat-vitamin-e-untuk.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Sejuta manfaat vitamin E untuk kesehatan kita"

Post a Comment