Powered by Blogger.

Khasiat teh hitam untuk kesehatan kita

Lebih dari sembilan puluh persen dari semua teh yang dijual di Barat adalah teh hitam. Keempat varietas teh (hitam, hijau, oolong, putih) yang terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis, namun teh hitam umumnya memiliki rasa kafein yang lebih dari pada yang lain.

Beberapa manfaat teh kesehatan dari teh hitam antara lain:

Kardiovaskular kesehatan
Teh hitam kaya akan antioksidan, seperti flavonoid yang terbukti mencegah oksidasi kolesterol LDL, mencegah kerusakan di kedua aliran darah dan pada dinding arteri dan menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu flavonoid teh hitam mampu meningkatkan vasodilatasi koroner dan mengurangi pembekuan darah. Kandungan mangan dalam teh hitam juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dengan membantu menjaga kestabilan fungsi otot jantung.

Khasiat teh hitam untuk kesehatan kita

Pencegahan kanker
Polifenol dalam teh tampaknya membantu dalam mencegah pembentukan karsinogen potensial dalam tubuh, khususnya dalam jenis kanker tertentu, seperti ovarium, paru-paru, prostat, kolorektal, dan kandung kemih. Penelitian lain mengungkapkan bahwa teh hitam dapat membantu mencegah sakit perut, prostat, dan kanker payudara. Suatu senyawa dalam teh hitam yang disebut TF-2 menyebabkan sel kanker tersebut untuk masuk ke apoptosis (mematikan sel kanker), sementara sel-sel normal tetap tidak terpengaruh.

Menjaga kesehatan kulit dan rambut
Antioksidan dalam teh hijau dapat membantu menjaga kulit kita dari jerawat dan dalam beberapa kasus telah dibuktikan bahwa antioksidan ini juga digunakan dalam produk kecantikan kulit. Teh hitam juga diyakini dapat membuat rambut kita menjadi sehat dan hitam.

Menjadikan tulang kuat
Studi menunjukkan bahwa tulang-tulang dari orang yang mengkonsumsi teh akan lebih kuat dibandingkan dengan tulang dari orang yang jarang mengkonsumsi teh.

Mengobati penyakit lambung
Tannin dalam teh memiliki efek terapi terhadap penyakit lambung dan usus. Tannin ini membantu mengurangi aktivitas usus yang nantinya menyebabkan penyakit diare. Polifenol dalam teh hijau telah terbukti membantu menyembuhkan peradangan usus yang diderita oleh orang-orang yang menderita kondisi seperti sindrom iritasi usus besar.

Otak dan sistem saraf
Tidak seperti kafein tinggi yang ditemukan dalam kopi, jumlah rendah kafein dalam teh hitam dapat meningkatkan aliran darah di otak tanpa menjadikan jantung berdebar lebih dari seharusnya.

Teh hitam telah terbukti mengurangi kadar hormon stres kortisol (setelah sebulan minum empat cangkir teh setiap hari). Kafein dalam teh hitam mungkin juga memberikan kestabilan memori kita saat-saat jam kerja. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa kebiasaan minum teh secara teratur dapat membantu melindungi kita terhadap penyakit Parkinson.

Kesehatan mulut
Penelitian menunjukkan bahwa katekin antioksidan dalam teh hitam dapat mengurangi kanker mulut. Polifenol teh dan tannin berperan sebagai antibiotik, mencegah bakteri penyebab kerusakan gigi berkembang dan polifenol dalam teh dapat membantu untuk tetap mengkondisikan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Sistem kekebalan tubuh
Teh kaya dengan zat yang disebut "tannin," sebuah studi telah menunjukkan bahwa tannin memiliki kemampuan untuk melawan virus seperti influenza, disentri dan hepatitis. Salah satu tannin tersebut bernama "catechin" yang bekerja membantu menekan tumor. Teh hitam juga mengandung antigen alkilamina yang membantu meningkatkan respon kekebalan tubuh.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Khasiat teh hitam untuk kesehatan kita. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/08/khasiat-teh-hitam-untuk-kesehatan-kita.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Khasiat teh hitam untuk kesehatan kita"

Post a Comment