Powered by Blogger.

Khasiat sayuran bayam untuk kesehatan kita

Hemmm.. bicara tentang kelebihan bayam, saya jadi ingat si popeye. Setiap kali dia makan sayuran ini pasti tenaganya langsung berlipat ganda. Tapi apa benar sedahsyat itu manfaat bayam bagi kesehatan kita? Sedikit sulit untuk menjelaskan secara detail tentang bagaimana si bayam bekerja untuk menunjang kesehatan kita. Ada beberapa alasan mengapa si bayam ini wajib ada dalam daftar belanja kita:

Diet
Satu cangkir bayam memiliki hampir 20% dari RDA serat makanan, yang membantu pencernaan, mencegah sembelit, mempertahankan gula darah rendah sehingga hal ini akan sangat membantu dalam diet kita.

Mencegah kanker
Flavonoid - sebuah phytonutrisi dengan sifat anti-kanker berlimpah dalam bayam dapat bekerja untuk memperlambat pembelahan sel dalam perut manusia dan sel-sel kanker kulit. Selain itu, bayam telah menunjukkan perlindungan yang signifikan terhadap terjadinya kanker prostat.

Anti-inflamasi
Neoxanthin dan violaxanthin dua anti-inflamasi epoxyxanthophylls yang memainkan peran penting dalam regulasi peradangan bisa kita dapatkan dalam jumlah yang cukup besar di dalam bayam.

Khasiat sayuran bayam untuk kesehatan kita

Antioksidan
Vitamin C, vitamin E, beta-karoten, mangan, seng dan selenium hadir dalam bayam, semuanya berfungsi sebagai antioksidan kuat yang memerangi terjadinya osteoporosis, aterosklerosis dan tekanan darah tinggi.

Menurunkan tekanan darah
Peptida dalam bayam telah terbukti efektif menurunkan tekanan darah.

Penglihatan
Kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin yang sangat banyak di bayam akan melindungi mata dari katarak.

Kekebalan
Satu cangkir bayam mengandung lebih 337% dari RDA vitamin A yang tidak hanya melindungi dan memperkuat "entry point" ke dalam tubuh manusia, seperti membran mukosa, saluran pernapasan, saluran kemih dan usus, tetapi juga merupakan komponen kunci dari limfosit (sel darah putih) yang memerangi infeksi.

Kulit
Jumlah tinggi vitamin A dalam bayam juga mempromosikan kulit yang sehat dengan memungkinkan untuk retensi kelembaban yang tepat di epidermis, sehingga memerangi psoriasis, keratinisasi, jerawat dan bahkan keriput.

Tulang
Satu cangkir bayam rebus menyediakan lebih dari 1000% dari RDA vitamin K yang dapat mencegah aktivasi kelebihan osteoklas (sel-sel yang memecah tulang), serta mempromosikan sintesis osteocalcin, protein yang sangat penting untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang kita.

Melawan penyakit aterosklerosis
Vitamin K adalah komponen penting dari proses yang disebut karboksilasi, yang menghasilkan protein matriks GLA yang secara langsung mencegah kalsium dari pembentukan dalam jaringan. Mengonsumsi satu cangkir bayam berkontribusi terhadap proses ini yang melawan aterosklerosis, penyakit jantung dan stroke.

Otak
kandungan vitamin K dalam bayam memberikan kontribusi besar terhadap sistem saraf yang sehat dan fungsi otak dengan menyediakan bagian penting untuk sintesis sphingolipids, lemak penting yang membentuk selubung myelin di sekitar saraf kita.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Khasiat sayuran bayam untuk kesehatan kita. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/08/khasiat-sayuran-bayam-untuk-kesehatan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Khasiat sayuran bayam untuk kesehatan kita"

Post a Comment