Powered by Blogger.

Khasiat buah pepaya untuk kesehatan tubuh

Pepaya... buah dengan rasa lezat dan segar yang memiliki tekstur yang lembut. Hemmmmm... mungkin beberapa diantara kita adalah penggemar berat buah ini. Tapi tahukah kita ternyata disamping memiliki rasa yang lezat, buah pepaya juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan kita.

Beberapa manfaat buah pepaya untuk kesehatan kita antara lain:

Kesehatan pencernaan
Pepaya biasanya digunakan untuk membantu pencernaan. Kehadiran papain, enzim super membantu memperbaiki pencernaan dengan memecah protein dan juga membersihkan jalur pencernaan. Hal ini menjamin konversi yang lebih rendah dari protein menjadi lemak tubuh. Jika protein dalam makanan kita tidak dicerna dengan baik, dapat menyebabkan artritis, konstipasi, diabetes, tekanan darah tinggi dll.

Membantu menurunkan berat badan
Pepaya juga sangat baik untuk kita yang mencoba menurunkan berat badan secara alami. Mengkonsumsi semangkuk penuh pepaya sebagai snack pertengahan malam atau pertengahan pagi sangat baik untuk kesehatan kita.

Mencegah infeksi
Pepaya efektif dalam membunuh cacing usus sehingga menghindari infeksi dan komplikasi yang disebabkan oleh cacing tersebut.

Membantu meringankan sakit gigi
Sebuah pasta dari akar pepaya segar dioleskan dan dipijat perlahan pada gigi dan gusi untuk meringankan sakit gigi.

Perawatan kulit
Pepaya juga bisa digunakan sebagai masker wajah oleh banyak wanita. Papain membunuh sel-sel mati dan memurnikan kulit yang pada akhirnya akan menghadirkan enzim penyembuhan yang membantu mencegah kulit terbakar sinar matahari. Pijat wajah dengan menggunakan pepaya yang baik untuk kulit dan menghilangkan sel-sel mati.

Khasiat buah pepaya untuk kesehatan tubuh

Mengurangi jerawat dan luka bakar
Lateks yang diperoleh dari pepaya digunakan untuk mengobati daerah pada kulit yang terkena dengan jerawat. Lateks juga bisa digunakan sebagai penyembuh pada areal yang terbakar, membantu dalam mengurangi bekas terbakar (flek hitam) yang disebabkan karena luka bakar.

Sifat antikanker
Para peneliti telah menemukan bahwa pepaya efektif terhadap payudara, pankreas dan kanker lainnya. Sebuah ekstrak daun pepaya yang diperoleh dari daun kering menghasilkan efek antikanker terhadap sel-sel tumor yang tumbuh.

Mwningkatkan kesehatan jantung
Setelah ketiga vitamin antioksidan kuat yaitu vitamin A, vitamin C dan vitamin E, pepaya sangat membantu dalam mencegah masalah seperti aterosklerosis dan penyakit jantung diabetes. Kehadiran pro-karotenoid fitonutrien membantu mencegah oksidasi kolesterol dalam tubuh.

Anti-inflamasi
Enzim yang hadir dalam pepaya, khususnya papain dan chymopapain mengurangi peradangan di berbagai bagian tubuh.

Pepaya untuk degenerasi makula
Degenerasi makula adalah penyakit mata. Dalam kondisi ini, sel-sel teh macualu mendapatkan merosot yang menyebabkan penglihatan kabur dan dapat menyebabkan kebutaan. Ini adalah penyakit yang berkaitan dengan usia. Menambahkan pepaya untuk diet kita akan sangat bermanfaat dalam mengurangi risiko pengembangan degenerasi makula.

Mengobati sembelit
Kehadiran folat, vitamin C dan vitamin E dalam pepaya mengurangi mabuk perjalanan dengan memproduksi efek tonik pada lambung dan usus. Jus pepaya dan bentuk pepaya matang juga membantu untuk membantu pencernaan.

Menstruasi
Jus pepaya dapat sangat membantu bagi wanita dengan menstruasi yang tidak teratur. Konsumsi pepaya muda hijau juga dapat menormalkan penyimpangan dalam siklus periodik. Pepaya dianggap sebagai 'makanan panas', artinya menghasilkan panas dalam tubuh. Produksi berlebihan panas dalam tubuh merangsang hormon estrogen.

Yaaa... beberapa manfaat/khasiat kesehatan buah pepaya bagi kita. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Khasiat buah pepaya untuk kesehatan tubuh. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2012/08/khasiat-buah-pepaya-untuk-kesehatan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Khasiat buah pepaya untuk kesehatan tubuh"

Post a Comment