Powered by Blogger.

Mengapa kita bisa kecanduan rokok?

Menggunakan segala bentuk tembakau, termasuk merokok, cerutu, dan pipa, atau menggunakan mengunyah tembakau, dengan cepat dapat menyebabkan kecanduan. Substansi dalam tembakau yang menyebabkan kecanduan disebut nikotin. Nikotin adalah stimulan yang menyebabkan kita merasa baik sementara atau energi. Jika kita mengalami depresi, dapat memberikan dorongan singkat. Hal ini juga menyebabkan pelepasan bahan kimia alami dalam otak kita yang disebut beta-endorfin. Bahan kimia ini menyebabkan kita merasa lebih waspada dan tenang. Masalahnya adalah bahwa nikotin tidak disimpan dalam tubuh sehingga efek ini hanya berlangsung beberapa menit. Kita perlu untuk menyerap lebih banyak dan lebih banyak nikotin untuk membuat efek tersebut.

Mengapa kita bisa kecanduan rokok?

Jika kita mengkonsumsi nikotin cukup lama, otak kita dapat mengimbangi dan menurunkan energi alam kita tingkat atau suasana hati. Jadi, alih-alih memberikan tinggi sementara, orang merokok hanya untuk merasa "normal". Ketika beberapa orang pergi tanpa tembakau selama lebih dari beberapa jam mereka mungkin mengalami gejala penarikan seperti kekurangan energi, depresi ringan, dan kesulitan berkonsentrasi. Mereka merokok untuk menghindari perasaan seperti ini. Tetapi ketika kita berhenti untuk selamanya, gejala penarikan akan berlalu dalam beberapa hari. Ini adalah bukti bahwa tubuh kita sudah mulai menyembuhkan dirinya sendiri.

Alkohol, kafein, dan bahkan cokelat dapat menghasilkan perubahan kecil dalam suasana hati kita, jadi apa yang berbeda tentang nikotin? Pertama, nikotin memberikan dorongan lebih besar dari cokelat atau secangkir kopi. Mungkin yang paling penting, melewati nikotin ke otak kita jauh lebih cepat daripada kebanyakan zat lainnya. Nikotin memasuki otak kita dalam waktu 10 detik untuk mengambil mengisap rokok.

Nikotin juga sangat adiktif karena menyebabkan perubahan dalam otak Anda. Untungnya, sebagian besar dari perubahan ini akan terbalik setelah kita berhenti merokok. Namun, beberapa perubahan dapat berlangsung selama jangka waktu yang lama dan mungkin menjelaskan mengapa beberapa orang mendapatkan mengidam untuk merokok berbulan-bulan atau bertahun-tahun setelah berhenti.

Merokok juga merupakan perilaku yang dipelajari. Sebagai contoh, selama periode satu tahun, satu-paket perokok hari akan mengambil puff lebih dari 70.000 kali. Kita mulai belajar atau mengaitkan hal-hal seperti cara kita memegang atau menyalakan rokok atau membawanya keluar dari paket dengan perasaan menyenangkan atau rasa lega.

Merokok seringkali mengharuskan kita untuk mengambil istirahat dari tugas sehari-hari kita, kita juga dapat belajar untuk mengasosiasikan merokok dengan bantuan sementara khawatir, kebosanan ketegangan, atau kelelahan. Kitajuga dapat mengaitkan merokok dengan bersenang-senang dengan teman-teman. Tapi, dengan latihan dan persiapan, kita dapat mematahkan kebiasaan perilaku lama dan mempelajari cara-cara baru untuk mendapatkan keuntungan kita kaitkan dengan merokok.
Berapa lama waktu yang diperlukan untuk menjadi kecanduan?

Para ilmuwan tidak benar-benar tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjadi kecanduan. Beberapa mengatakan bahwa proses dimulai setelah hanya beberapa batang rokok sementara yang lain percaya itu mungkin memakan waktu beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah mulai merokok. Mungkin bervariasi dari orang ke orang dan tergantung pada seberapa banyak kita merokok atau menggunakan bentuk lain dari tembakau. Sebagai contoh, beberapa orang memiliki gen tertentu yang membuat mereka lebih rentan terhadap kecanduan nikotin.

Apakah setiap orang yang menggunakan tembakau menjadi kecanduan?
Tidak, tidak semua orang yang merokok akan mengembangkan apa yang disebut dokter ketergantungan nikotin. Perkiraan terbaru menunjukkan bahwa sekitar setengah dari perokok harian memiliki ketergantungan nikotin. Tingkat ketergantungan antara perokok sesekali sangat rendah.

Bagaimana kita tahu jika sedang kecanduan nikotin?
Orang yang berbeda memiliki berbagai tingkat kecanduan. Namun, semakin kita merokok, semakin besar kemungkinan kita akan kecanduan. Orang yang merokok kurang dari 10 batang sehari cenderung menjadi kecanduan. Merokok rata-rata lebih dari 25 batang sehari merupakan indikasi kuat dari kecanduan. Semakin cepat kita harus merokok setelah bangun tidur, semakin besar kemungkinan kita kecanduan.

Untuk membantu memecahkan kecanduan yang kuat, kita harus mempersiapkan diri untuk memotong kembali dan berencana untuk mendapatkan bantuan

Ada banyak cara untuk memotong kembali keinginan kita. Cara termudah untuk memotong adalah: Setiap kali kita meraih rokok, berhentilah sejenak dan berpikir: "Apakah kita benar-benar membutuhkannya?" Tunggu lima atau sepuluh menit sebelum bertindak atas keinginan kita untuk merokok. Cobalah menunda mengisap rokok atau menghilangkan rokok pada waktu lain berbagai seperti saat istirahat sore atau setelah makan malam.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Mengapa kita bisa kecanduan rokok?. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adgina.blogspot.com/2013/02/mengapa-kita-bisa-kecanduan-rokok.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Mengapa kita bisa kecanduan rokok?"

Post a Comment