Powered by Blogger.

Arsip Blog

Adakah hubungan antara beta karoten dengan timbulnya penyakit kanker

Suplemen beta karoten mungkin sebenarnya meningkatkan risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker paru-paru pada perokok. Para peneliti masih mempelajari kemungkinan bahwa karotenoid lain yang ditemukan secara alami dalam buah-buahan dan sayuran mungkin bisa membantu dalam menurunkan risiko kanker dibandingkan beta karoten. Secara keseluruhan, penelitian tidak menunjukkan bahwa banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat dari vitamin A (beta karoten)

Beta karoten adalah jenis vitamin A, nutrisi dianggap penting untuk perkembangan tubuh. Vitamin A dapat diperoleh dengan mengkonsumsi hati, kuning telur, produk susu, dan minyak ikan. Beta karoten adalah vitamin A yang telah diubah dalam usus kecil untuk retinol setelah makan makanan seperti labu, aprikot dan buah persik, atau wortel, brokoli dan bayam.

Adakah hubungan antara beta karoten dengan timbulnya penyakit kanker

Vitamin A dan beta karoten adalah salah satu kelompok antioksidan, zat yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas adalah molekul dalam tubuh yang bertanggung jawab atas kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker "radikal bebas". Banyak makanan yang berwarna oranye kaya akan beta karoten. Ini termasuk labu, mangga, dan melon. Sayuran hijau seperti bayam dan kale juga mengandung jumlah tinggi beta karoten.

Telah ada sejumlah besar penelitian tentang beta karoten dan kanker. Beberapa studi telah dikaitkan makan makanan yang merupakan sumber baik dari beta karoten atau vitamin A dengan rendahnya risiko kanker. Hal ini tidak diketahui secara definitif apakah risiko menurunkan kanker secara eksklusif karena vitamin A atau karena zat lain dalam makanan atau diet sehat umumnya. Studi yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa vitamin A dan retinoid lainnya, yang memperkuat sistem kekebalan tubuh, dapat mengecilkan tumor kanker yang ada atau meningkatkan pengobatan kanker tertentu.

Uji klinis yang melibatkan beta karoten dan kanker telah menemukan bahwa risiko kanker paru-paru tidak berkurang dengan jalan mengkonsumsi suplemen vitamin A. Bahkan, ditemukan bahwa menggunakan suplemen beta karoten bahkan dapat meningkatkan risiko para perokok untuk terkena kanker paru-paru. Hasil penelitian tentang pengaruh vitamin A pada bentuk-bentuk lain dari kanker telah tidak konsisten dan tidak meyakinkan. Hal inilah yang membuat kita bingung.

Sebagian besar informasi yang tersedia tentang hubungan antara beta karoten dan kanker menunjukkan bahwa beta karoten saja tidak mungkin menjadi alat yang efektif untuk pencegahan kanker. Karotenoid lain yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran mungkin lebih penting dalam melindungi sel-sel tubuh yang sehat. Tampaknya bahwa semua mikronutrien yang berbeda ditemukan dalam diet sehat buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang diambil dalam kombinasi dapat menjadi pertahanan yang lebih baik melawan kanker daripada suplemen vitamin yang bekerja secara individu.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Adakah hubungan antara beta karoten dengan timbulnya penyakit kanker. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://adgina.blogspot.com/2012/10/adakah-hubungan-antara-beta-karoten.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: lulus -

Belum ada komentar untuk "Adakah hubungan antara beta karoten dengan timbulnya penyakit kanker"

Post a Comment